Lokasi gempa ketuga yang mengguncang Karangasem pada Selasa (13/12). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Gempa untuk ketiga kalinya mengguncang Karangasem pada Selasa (13/12). Gempa yang terbaru ini merupakan terbesar dengan magnitudo di atas 5.

Dikutip dari informasi yang disebarkan BMKG, gempa bermagnitudo 5,2 SR. Peristiwa gempa ini terjadi pada pukul 18.38 WITA setelah sebelumnya terdapat sekitar 7 gempa berkekuatan hingga 3,3 SR mengguncang.

Lokasi gempa berada di Lintang 8.16 LS dan Bujur 115.62 BT atau 23 km Timur Laut Karangasem. Kedalamannya mencapai 10 km. Gempa ini tak hanya dirasakan di Karangasem, juga kabupaten/kota lainnya di Bali hingga Jembrana.

Baca juga:  Kabar Baik! Tambahan Pasien Sembuh Nasional Lampaui Kasus Baru

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan dampak kerusakan dari BPBD Karangasem. Sebelumnya, Kalak BPBD Karangasem, IB Ketut Arimbawa, mengatakan, pihaknya masih mengkoordinasikan apakah ada dampak atau tidak akibat gempa tadi. “Dimohonkan agar informasi ini bisa di teruskan kepada masyarakat sekitar dan jika terjadi suatu bencana bisa menghubungi BPBD Kabupaten Karangasem,” ujarnya.

Arimbawa, menambahkan, pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Baca juga:  Soal Video Wisman Keluhkan Pantai Kuta, Kadispar Badung Sampaikan Klarifikasi

“Kita juga minta warga memeriksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” katanya. (Diah Dewi/Winatha/balipost)

BAGIKAN