Petugas kesehatan memberikan vaksin booster pada lansia di RSUD Wangaya, Denpasar, Jumat (14/1/2022). (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Meski situasi pandemi COVID-19 sudah melandai, program vaksinasi tetap berlanjut. Bahkan, kini pemerintah melanjutkan vaksinasi booster kedua untuk para lansia.

Sedikitnya 40 ribu lansia akan disasar vaksin booster kedua ini. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, Kamis (24/11), mengatakan, sesuai dengan Surat Edaran dari Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) Nomor HK.02.02/C/5565/2022, program vaksinasi booster kedua akan menyasar lansia. Syarat pemberian vaksin booster kedua bagi lansia salah satunya harus sudah vaksin booster dosis pertama mininal 6 bulan.

Baca juga:  Hindarkan Bali dari Kemerosotan, Gubernur Koster akan Lakukan Pemulihan

“Mulai hari ini sudah bisa dilakukan. Kami sudah bersurat ke perbekel, lurah, kaling sampai kelian untuk meneruskan informasi ini ke warganya,” kata Dewa Rai.

Ia menambahkan, pelaksanaan vaksinasi ini digelar di 40 fasilitas layanan kesehatan atau fasyankes. Adapun vaksin yang tersedia saat ini sebanyak 2.917 dosis jenis Pfizer.

“Kami tetap koordinasi dengan Dinkes Provinsi, kalau habis amprah lagi ke Provinsi,” katanya.

Untuk tahap awal ini, booster kedua untuk lansia digelar di 40 fasyankes. Namun jika nantinya diperlukan jemput bola atau door to door pihaknya akan turun secara door to door.

Baca juga:  Cek Vila Khusus Gay, Satpol PP Badung Obok-obok Seminyak

Dewa Rai menambahkan, adapun sasaran vaksin booster dosis kedua bagi lansia ini sebanyak 40 ribu lansia. “Tapi pelayanan kami bukan booster kedua saja. Kalau ada lansia yang belum booster dosis pertama kami juga layani,” imbuhnya.

Pihaknya mengatakan, pelaksanaan booster kedua ini dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap Covid-19. Apalagi lansia merupakan kelompok yang rentan terhadap paparan COVID-19.

Sementara itu, untuk kasus positif COVID-19 di Kota Denpasar mengalami peningkatan. Awalnya satu digit kini menjadi dua digit. Berdasarkan data resmi harian penanganan Covid-19 Kota Denpasar pada Rabu 23 November 2022 diketahui kasus meninggal dunia bertambah 2 orang.

Baca juga:  Catat Rekor Baru, Ini 5 Besar Tambah Kasus Capai 3 Digit

Sementara itu, kasus positif bertambah sebanyak 19 orang. Berdasarkan data, secara kumulatif kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar tercatat 55.421 kasus.

Angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Denpasar mencapai angka 53.954 orang  (97,36 persen), meninggal dunia sebanyak 1.138 orang (2,05 persen) dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak 329 orang (0,59 persen). (Asmara Putera/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *