Pangrapuh- Desa Adat Besakih melaksanakan upacara pembersihan (pangrapuh) di Gunung Agung tepatnya dilokasi jatuhnya Kevin Len Henderson, Senin (21/11). (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Desa Adat Besakih melaksanakan upacara pembersihan (pangrapuh) di Gunung Agung, Senin (21/11). Upacara itu digelar pasca meninggalnya wisatawan asal Amerika Serikat, KH, saat melakukan aktivitas pendakian ke gunung tertinggi di Bali beberapa hari lalu.

Pemucuk Pemangku Pura Agung Besakih, Gusti Mangku Jana, mengungkapkan, untuk upacara pengrapuh sudah dilaksanakan hari ini. Upacara dilakukan di lokasi kejadian bule yang terjatuh tersebut. “Kami telah ngaturang banten prayascita dan banten pangerapuh. Selanjutnya mengambil tanah di lokasi kejadian, kemudian dibuang ke sungai agar di jalur pendakian itu tidak lagi cuntaka,” ucapnya.

Baca juga:  JPU Kasasi Kaur Keuangan Desa Tianyar Barat, MA Kuatkan Putusan Pengadilan Tipikor

Jro Mangku Jana mengatakan, setelah dilakukan upacara pembersihan di lokasi kejadian, selanjutnya akan dilaksanakan upacara penyucian dipusatkan di Pura Pengubengan Besakih. Hanya saja, untuk waktu pelaksanaan upacara itu masih mencari hari baik.

“Terkait kapan waktu upakara itu akan digelar, mungkin besok kita masih mohon petunjuk Ida Wiku. Karena hari ini Soma Umanis Tolu para pemangku melaksanakan piodalan di beberapa pura/pelinggih,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Dari Provinsi Pertama Melaksanakan Perintah Presiden hingga Isu Varian Delmicron
BAGIKAN