Pura Dalem Perancak kembali disantroni maling. Sejumlah pratima dilaporkan hilang. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Patung misterius berwujud pendeta Hindu yang ditemukan di pesisir Perancak Rabu (15/11), masih diusut pihak berwajib. Patung yang ditemukan di pantai itu sementara diamankan, lantaran adanya kejadian pencurian pratima di Pura Dalem Perancak pekan lalu.

Dari informasi, pencurian di Pura Dalem yang berada di pinggir jalan menuju Pantai Perancak itu diketahui pada Sabtu (5/11) lalu. Namun dipastikan, patung misterius yang ditemukan itu bukan dari Pura Dalem Perancak.

Sejumlah warga, Kamis (17/11) membenarkan adanya pencurian pratima di Pura Dalem Perancak, baik itu bunga emas, termasuk bokoran dan senjata nawa Sanga yang dilaporkan hilang. “Memang sebelumnya di Pura Dalem ada pencurian pratima. Di sana sudah dipasang CCTV, tetapi dirusak dan kabel diputus. Karena itu penemuan patung di pesisir pantai heboh. Khawatirnya itu terkait,” kata salah seorang warga.

Baca juga:  Akhir Maret, Tarif Penyeberangan Ketapang - Gilimanuk Dinaikkan

Pencuri diduga sudah mengetahui kondisi di lokasi. Kejadian pencurian menurut warga, sudah dua kali ini terjadi di Pura Dalem. Begitu juga sempat dua kali juga ada pengrusakan.

Yang terakhir ini pratima hilang dan kerugian diperkirakan puluhan juta rupiah. Tetapi patung yang ditemukan di pesisir Pantai Perancak, Rabu lalu dipastikan bukan dari Pura Dalem Perancak.

Terkait pencurian pratima, Perbekel Perancak Nyoman Wijana membenarkan ada kejadian itu. Karena itu patung diamankan sementara guna menghindari hal yang tak diinginkan.

Baca juga:  Jasad Pria Terdampar di Pantai Perancak

Namun desa tetap waspada dan menghindari hal yang tak diinginkan sehingga berkoordinasi dengan kepolisian dan turun mengecek. Patung yang ditemukan di pesisir Perancak itu dipastikan bukan dari Pura Dalem Perancak.

Kasat Reskrim Polres Jembrana AKP M. Reza Pranata terkait pencurian pratima dikonfirmasi Kamis (17/11) membenarkan masih menangani kasus tersebut. Polres berkoordinasi dengan Polres Tabanan karena di sana juga ada kejadian sama.

Baca juga:  Dua Arca Pura Dalem Perancak Dirusak, Polisi Masih Selidiki Pelakunya

Menurutnya di Pura Dalem Perancak sudah dua kali terjadi aksi pencurian pratima. “Kita masih lakukan penyelidikan, di sana (Pura Dalem Perancak-red) sudah dua kali terjadi,” kata Reza. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN