Umat Hindu saat melasti ke Pantai Klotok serangkaian Karya Mamungkah Agung Pura Pande Dalem Gandamayu. (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Personel Polsek Klungkung melakukan pengamanan kegiatan umat Hindu dalam agenda Melasti Pura Kawitan Pande Dalem Gandamanyu, Desa Gelgel ke Pantai Klotok, Selasa, (8/11). Ini untuk menjaga situasi kamtibmas supaya tetap kondusif dan juga melakukan pengaturan arus lalu lintas, agar tetap lancar.

Iring-iringan melasti serangkaian Karya Mamungkah Agung ini, dipadati ribuan umat mengenakan busana serba merah berjalan kaki menuju Pantai Klotok. Kegiatan melasti yang dilaksanakan oleh pamedek Pura Kawitan Pande Dalem Gandamanyu, Desa Gelgel, diisi dengan berjalan kaki diiringi oleh Gong Tetabuhan. Iringan pemedek kurang lebih mencapai 1.500 orang.

Baca juga:  Amankan Melasti dan Tawur Agung Kesanga, Dishub Badung Rekayasa Lalin

Kapolsek Klungkung Kompol Ida Bagus Putra Sumerta, menyampaikan bahwa pelaksanaan pengamanan melibatkan 15 personilnya bekerja sama dengan Pecalang Pura dan Desa Adat Gelgel. Kegiatan melasti mengambil rute dari Pura Kawitan Pande Dalem Gandamanyu Desa Gelgel, mengarah ke Jalan Bypass Prof. Ida Bagus Mantra menuju Pantai Klotok.

Sesuai dengan dudonan karya, selain memasti, juga dilaksanakan ngaturang pakelem dan nunas tirta kamandalu di segara setempat. Baru dilanjutkan dengan prosesi memasar di Pasar Adat Gelgel dan Mendak Ida Batara di Madya Mandala.

Baca juga:  Diselidiki Kejari Klungkung, Ketua BUMDes Paksebali Ngaku Bingung dan Kaget

Agenda berikutnya dilanjutkan pada 14 Nopember nanti dengan rangkaian prosesi upacara berupa mapepada karya, dilanjutkan dengan memben dan mlaspas bagia pula kerthi di utama mandala. Setelah itu, baru puncak karya nanti pada 15 November nanti, sekaligus mapeselang, pemrayungan dan mapedanan. Karya mamungkah baru akan masineb pada 26 November, dan terakhir dilanjutkan dengan meajar-ajar pada 29 November ke Pura Goa Lawah, Ulun Danu dan Tirta Empul. (Bagiarta/balipost)

Baca juga:  Warga Nusa Penida Gelar Melasti
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *