Kondisi bangunan Pelinggih yang terbakar. (BP/Ist)

BANGLI, BALIPOST.com – Kebakaran melanda Pura Pasek Bendesa Gede Batur, di Banjar Selat Peken, Desa Selat, Kecamatan Susut, Minggu (6/11). Kebakaran mengakibatkan sebuah bangunan pelinggih yang ada di Pura tersebut hangus.

Kabid Pemadam Kebakaran, BPBD dan Damkar Kabupaten Bangli I Dewa Gede Wirawan dikonfirmasi sore kemarin membenarkan adanya kejadian itu. Dia mengatakan begitu mendapat laporan kejadian kebakaran pihaknya langsung meluncur ke lokasi sekitar pukul 12.57 WITA. Untuk menangani kebakaran di Pura tersebut pihaknya mengerahkan dua unit armadanya.

Baca juga:  Dua Pos Pengungsian di Bangli Kembali Kedatangan Pengungsi

Dewa Wirawan belum bisa memastikan apa pemicu kebakaran di Pura Pasek Bendesa Gede Batur. “Terkait dengan penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian,” terangnya.

Dikonfirmasi terpisah, Perbekel Desa Selat I Made Weda mengatakan kebakaran yang terjadi di Pura Pasek Bendesa Gede Batur mengakibatkan sebuah pelinggih yakni Pelinggih pesamuan ludes terbakar. “Pelinggihnya beratapkan ijuk. Posisinya di tengah-tengah. Kondisinya ludes sampai kayu-kayunya,” terangnya.

Baca juga:  Diduga Karena Api Pembakaran Sampah, Sanggah Terbakar

Pihaknya sempat meninjau langsung lokasi kebakaran. Kata Weda, areal yang terbakar sudah dipasangi garis polisi. “Mengenai penyebab kebakaran belum diketahui,” ujarnya.

Diungkapkan bahwa saat kejadian masyarakat di Selat sedang melaksanakan upacara Melasti ke pantai Masceti di Gianyar sehubungan dengan adanya upacara karya Purnama Kelima di Puseh Baleagung Desa Setempat. Dilihat dr kondisi bangunan Pelinggih yang terbakar, menurutnya kemungkinan kebakaran terjadi cukup lama sebelum akhirnya berhasil dipadamkan. “Karena kalau dilihat dari kondisinya satu Pelinggih itu sudah hangus total,” imbuhnya. (Dayu Swasrina/Balipost)

Baca juga:  Dapur Terbakar Akibat Korsleting Listrik
BAGIKAN