Ketua Harian Pengelola Pantai Jerman, Komang Harta Kurniawan, menunjukkan tukik yang baru menetas. (BP/edi)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Kawasan Pantai Jerman, Kecamatan Kuta, Badung, ternyata sering menjadi lokasi bertelurnya penyu. Bahkan di tahun ini, sebanyak 7 penyu telah menepi ke darat untuk bertelur.

Dari total 7 penyu ini, diketahui ada ratusan telur yang diamankan dengan dibuatkan pagar dari kawat sambil menunggu menetas. Dengan seringnya penyu bertelur di  Pantai Jerman, ke depannya akan dikembangkan tempat konservasi dan juga edukasi.

Baca juga:  Gempabumi di Darat Guncang Tejakula

Menurut Ketua Harian Pengelola Pantai Jerman, Komang Harta Kurniawan, Rabu (2/11), dalam beberapa bulan terakhir, penyu telah menepi ke darat untuk bertelur. Kondisi ini mulai diketahui sejak Mei.

Hingga November ini, lanjutnya, telah ada sebanyak 7 penyu yang bertelur. Sebagian besar merupakan jenis Penyu Lekang atau Penyu Abu-abu. Dua lagi merupakan jenis Penyu Sisik.

Dikatakan, dari 7 penyu yang bertelur telah terdapat 347 butir telur yang menetas menjadi tukik. Ke depannya, Komunitas Pelestari Penyu Segara Luhur Pantai Jerman akan membuat tempat penangkaran.

Baca juga:  Akses Jalan Tertutup Longsor, Puluhan Warga Sega Terisolasi

Penangkaran ini, selain bisa menjadi destinasi wisata, juga djadikan tempat konservasi dan edukasi. “Ke depan kami berencana membuat tempat konservasi dan edukasi,” ucapnya. (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN