Kasipenkum dan Humas Kejati Bali, Luga. A Harlianto. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Kamis (6/10), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Soal Sumbangan, Kejati akan Periksa Sejumlah Penjabat Unud

DENPASAR, BALIPOST.com – Penyidik Pidsus Kejati Bali bersurat ke Rektor Universitas Udayana (Unud) guna meminta keterangan kepada sejumlah penjabat di lingkungan universitas negeri terbesar di Bali itu. Hal itu dibenarkan Kasipenkum Kejati Bali, A. Luga Harlianto, Kamis (6/10).

Informasi lain yang didapat, penyidik Pidsus Kejati Bali pimpinan Agus Eko Purnomo, sedang membidik dugaan penyalahgunaan dana sumbangan pengembangan institusi (SPI) mahasiswa seleksi jalur mandiri. Guna mendalami informasi itu, ada penjabat di Unud yang perlu dilakukan klarifikasi terkait informasi guna mencari kebenaran.

Selengkapnya baca di sini

2. Masuk Pantai Kuta akan Dikenai Retribusi, Enam Pintu Diaktifkan

Baca juga:  Anggis Devaki "Tutup Hati"

MANGUPURA, BALIPOST.com – Seiring dengan penataan kawasan pantai Kuta yang akan rampung pada Desember 2022, retribusi bagi pengunjung akan diberlakukan. Rencana tersebut, juga telah dilakukan pembahasan oleh pihak desa adat.

Menurut Bendesa Adat Kuta, I Wayan Wasista, Kamis (6/10), setelah dilakukan penataan, penerapan tarif masuk ke objek tersebut akan diberlakukan. Namun, untuk rencana tersebut, masih terus dilakukan kajian.

Selengkapnya baca di sini

3. Resesi Berimbas ke Pariwisata, Menparekraf Minta Bali Fokus ke 5 Negara Ini

DENPASAR, BALIPOST.com – Pariwisata Bali yang pasar utamanya adalah wisatawan mancanegara (wisman) tentu harus bersiap terhadap ancaman resesi global yang diprediksi terjadi pada 2023. Pelaku pariwisata diminta jeli melihat negara-negara yang peluang resesinya rendah.

Menteri Pariwsiata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno saat disinggung terkait negara yang tingkat resesinya rendah dan berpeluang melakukan kunjungan wisata mengatakan, ada 5 negara telah dipetakan menjadi pasar utama saat ini. Bali harus melakukan fokus melirik negara-negara ini, yakni Australia, Singapura, Malaysia, India dan Inggris. “Itu (data) per hari ini,” ungkapnya saat ditemui di Sanur, Denpasar, Rabu (5/10).

Baca juga:  Air Danau Batur Meluap, Puluhan Rumah di Desa Terunyan Terendam

Selengkapnya baca di sini

4. Sambut KTT G20, Mendagri Minta 4 Wilayah Ini Pengelolaan Sampahnya Harus Baik

DENPASAR, BALIPOST.com – Empat wilayah di Bali, yaitu Denpasar, Badung, Gianyar, dan Tabanan menjadi daerah fokus utama pengelolaan sampah selama KTT G20. Sebab, keempat kabupaten/kota ini merupakan lokasi pelaksanaan rangkaian event G20. Demikian disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Denpasar, dikutip dari Kantor Berita Antara, Kamis (6/10).

Ia mengatakan empat daerah itu pengelolaan sampahnya harus baik. “Supaya kita bisa bicara, bahkan bila perlu mereka (delegasi G20) datang melihat,” katanya.

Baca juga:  Curiga Bau Menyengat, Jenazah Membusuk Ditemukan di Tebing Karang Boma Pecatu

Selengkapnya baca di sini

5. Kunjungi Tahura Ngurah Rai, Presiden Ngaku “Surprised”

DENPASAR, BALIPOST.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Denpasar di sela-sela kunjungan kerjanya ke Bali, Kamis (6/10). Ia meyakini keberadaan Tahura ini akan mewakili kepedulian Indonesia terhadap isu-isu lingkungan ketika mengundang para pemimpin negara menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15-16 November.

Presiden Jokowi mengaku kaget karena kawasan pelestarian alam itu sudah mengalami banyak perubahan dan persiapan menyongsong KTT G20. “Saya tadi masuk di sini betul-betul surprised bahwa sudah disiapkan, sudah diubah, ada juga nursery yang produksinya enam juga bibit,” kata Presiden dikutip dari Kantor Berita Antara.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN