Ketut Suastika. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Ketua DPRD Bangli Ketut Suastika mengapresiasi pencapaian empat tahun kepemimpinan Gubernur Bali Wayan Koster dan Wakil Gubernur Bali Cokorda Oka Artha Ardana Sukawati. Salah satunya pencapaian di bidang pembangunan infrastruktur.

“Sudah kita lihat langsung, faktanya memang luar biasa. Impian-impian masyarakat Bali dari dulu baru bisa terwujud di pemerintahan Bapak Gubernur Wayan Koster, ” kata Suastika, Kamis (29/9).

Dia mencontohkan beberapa pembangunan infratruktur di Bali yang berhasil seperti penataan Besakih, pelabuhan segi tiga emas, pembangunan
jalan tol dan lainnya. Dewan Pertimbangan Inkindo Bali Ketut Gupta belum lama ini mengapresiasi pembangunan yang dilakukan di era Gubernur Koster, khususnya pembangunan infrastruktur mengingat pemerataan ekonomi di Bali belum terjadi dengan baik.

Baca juga:  ”Sustainability” Pembangunan Bali

Pembangunan yang dilakukan Gubernur Koster seperti di Bali Utara pembangunan shortcut Bedugul, pembangunan Turyapada Tower, di Bali Barat pembangunan jalan tol, di Bali Timur pembangunan Pusat Kebudayaan Bali, maka akan terjadi pemerataan pembangunan di seluruh Bali.

“Bapak Gubernur sudah cukup luar biasa mendatangkan proyek-proyek infrastruktur ke Bali seperti pelabuhan, jalan tol, pelabuhan benoa,
memberi harapan positif kepada kami khususnya di jasa konsultan,” ujarnya.

Ketua Badan Pertimbangan Organisasi Daerah (BPOD) Real Estate Indonesia (REI) Bali Pande Agus Permana Widura mengatakan, pengembang dalam mengembangkan suatu daerah mesti didukung dengan pembangunan infrastruktur dan akses. Hal itu pun telah dilakukan pemerintah daerah di era Gubernur Koster.

Baca juga:  Diserang Tikus, Tanaman Padi di Subak Tunggak Alas Gagal Panen
Ketua BPD HIPMI Bali Pande Agus Widura. (BP/Ist)

Pengembangan properti di Bali, khususnya, program rumah bersubsidi akan semakin prospektif dengan adanya pembangunan infrastruktur. Masyarakat yang membutuhkan rumah akan sangat terbantu dengan program rumah subsidi.

Apalagi jika akses jalan dari rumah menuju tempat mereka bekerja memadai. Seperti halnya rumah bersubsidi yang banyak dikembangkan di Tabanan atau di daerah Bali utara, sangat terbantu dengan adanya shortcut Bedugul atau shortcut Mengwi dan tol.

Sementara itu, menurut Suastika, perhatian Gubernur Koster terhadap Bangli sudah banyak dirasakan. Dia mencontohkan, dalam mendukung pengembangan RSU Bangli, Gubernur Koster telah memberikan hibah tanah. Selain itu Gubernur Koster juga mengucurkan bantuan keuangan khusus (BKK) untuk Bangli dengan nilai besar.

Baca juga:  25 Maskapai Layani Penerbangan Internasional ke Bali

Gbernur Koster juga membantu pembangunan Pasar Singamandawa di Kintamani. “Termasuk untuk penataan Geopark dan rencana pengembangan destinasi wisata. Jadi luar biasa perhatian untuk Bangli,” katanya.

Politikus PDI-P asal Desa Peninjoan, Tembuku itu pun berharap ke depan Gubernur Koster dapat terus membantu Bangli. Bangli dengan potensi yang dimiliki diharapkan bisa dibuatkan konsep dan branding untuk kemudian direncanakan pembangunan yang tepat bagi Bangli. (kmb/balipost)

BAGIKAN