Dishub Denpasar berjaga di uji coba Car Free Day di kawasan Puputan Renon, Minggu (11/9/2022). (BP/ara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Car free day (CFD) di kawasan Lapangan Niti Mandala Renon dan Taman Kota Lumintang yang sempat dihentikan akibat kasus COVID-19, Minggu (11/9) ini kembali dibuka. Hanya, kali ini masih uji coba dan resminya akan dibuka Wali Kota, IGN Jaya Negara, minggu depan.

CFD dihentikan sejak Juli 2020 lantaran pandemi COVID-19. Pelaksanaan CFD ini dilakukan lagi setelah pandemi melandai.

Baca juga:  Pabrik Tembakau Gorilla Dekat Polresta Digerebek, Disita 30 Kg Siap Edar

Pada uji coba kali ini, masyarakat cukup antusias datang untuk berolahraga hingga bersepeda. Salah seorang masyarakat yang ikut kegiatan car free day, Made Supartika menyambut gembira dibukanya kembali CFD ini.

Supartika berharap agar CFD setiap minggunya bisa digelar. “Biasanya dengan adanya car free day ini semangat masyarakat Kota Denpasar dan sekitarnya untuk berolahraga semakin meningkat dan bisa menyehatkan tentunya,” katanya.

Baca juga:  Pesawat Raja Salman Tiba di Bali

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Denpasar, I Ketut Sriawan mengatakan pelaksanaan CFD ini digelar menyusul melandainya kasus COVID-19 di Denpasar. “Sekarang Denpasar sudah zona hijau dan ada beberapa wilayah yang masih zona kuning. Kami ingin uji coba dulu hari ini,” kata Sriawan.

Setelah dilakukan uji coba ini, pihaknya mengaku akan membuka secara resmi minggu depan. Pelaksanaan kembali CFD untuk mengajak masyarakat berolahraga sehingga tercipta Denpasar sehat.

Baca juga:  Aksi Dukungan Jokowi Dua Periode Digelar di Catur Muka

Selain itu juga bertujuan untuk mengurangi polusi udara. Dalam pelaksanaan selanjutnya, pihaknya akan terus melakukan penjagaan dengan melibatkan berbagai stakeholder.

Untuk hari ini petugas yang melakukan penjagaan di Lapangan Renon sebanyak 60 petugas dari kepolisian, Dinas Perhubungan, hingga desa setempat yakni Sumerta Kelod. Sementara untuk di Lumintang dikerahkan sebanyak 15 personel atau petugas. (Asmara Putera/balipost)

BAGIKAN