Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto melepasliarkan tukik di Pantai Bopel, Sanur. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Penyu mempunyai peran penting dalam menjaga ekosistem laut yang sehat, sehingga harus ada upaya pengelolaan konservasi dan peran aksi dari seluruh komponen masyarakat dalam memulihkan serta mempertahankan populasinya. Oleh karena itu, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto melepasliarkan puluhan tukik di Pantai Bopel, Sanur, Kamis (1/9).

Kegiatan tersebut diawali jalan santai di sepanjang pesisir pantai. Diawali dari Pantai Matahari Terbit hingga Pantai Bopel, Sanur dan dilanjutkan melepasliarkan puluhan tukik.

Baca juga:  Tunggu Dana Pusat, RS Nyitdah Bersiap Jalani Akreditasi

Kepala Penerangan Kodam IX/Udayana Kolonel Kav Antonius Totok menyampaikan, jalan santai ini tersebut pertama kali dilaksanakan kodam di Pantai Sanur. Selain untuk memelihara kebersamaan, kegiatan ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dalam rangka mendukung tugas-tugas pokok TNI kedepannya.

Terkait pelepasan tukik, Kolonel Totok mengungkapkan hal tersebut merupakan bentuk perhatian TNI AD khususnya Kodam IX/Udayana dalam menjaga ekosistem laut guna mencegah punahnya habitat penyu. Selain itu juga menjaga kelestarian populasi penyu di laut.

Baca juga:  Dari Dewa Radhea Akui Dana Miliaran hingga Tersangka Bentrok di Sesetan

“Kodam IX/Udayana juga berperan serta secara berkelanjutan dalam rangka menyelamatkan ekosistem laut dengan melakukan berbagai kegiatan, yakni penanaman mangrove dan pembersihan pantai untuk menjaga kelestarian alam serta meningkatkan daya tarik wisata,” ujarnya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *