Kepala Dinas Kominfos Provinsi Bali, Gede Pramana. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfos) memperkuat Tim Pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dalam upaya mewujudkan kemajuan layanan digital menuju “Bali Smart Island.” Salah satu langkah yang ditempuh dalam penguatan Tim SPBE adalah rekrutmen tenaga yang mahir di bidang mobile dan/web developer, UI/UX Desain Grafis, Cloud Engineer dan Content Creator.

Kepala Dinas Kominfos Provinsi Bali, Gede Pramana dalam siaran persnya, Senin (29/8) menginformasikan bahwa seleksi Tim Pengembangan SPBE telah dilaksanakan di Kantor Diskominfos Provinsi Bali pada tanggal 24-25 Agustus 2022. Dikatakan, animo masyarakat untuk mengikuti seleksi sangat tinggi.

Jumlah peserta yang memasukkan lamaran tercatat sebanyak 1.801 orang dan yang dinyatakan lolos seleksi administrasi sebanyak 124 orang dan terbagi dalam empat bidang. Peserta yang lolos seleksi administrasi untuk bidang mobile dan/web developer sebanyak 78 orang, 15 orang pada bidang UI/UX Desain Grafis dan untuk Cloud Engineer dan Content Creator masing-masing 11 dan 20 orang.

Baca juga:  Pelaku Tempel Narkoba Divonis 9 Tahun Penjara

Pelamar yang lolos seleksi administrasi telah mengikuti seleksi kompetensi pada 24-25 Agustus 2022. Pada hari pertama, Rabu (24/8) diadakan seleksi kompetensi untuk bidang mobile dan/wed developer. Dari 78 peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, yang hadir untuk mengikuti seleksi kompetensi sebanyak 45 pelamar.

Lanjut pada hari kedua, Kamis (25/8) dilaksanakan seleksi kompetensi untuk bidang UI/UX Desain Grafis, Cloud Engineer dan Content Creator dengan total peserta 79 orang. Seleksi kompetensi meliputi Tes Tulis, Praktek dan Demo Project. Dalam seleksi kompetensi ini Diskominfos Bali melibatkan Tim Seleksi Independen dari Universitas Udayana Bali.

Baca juga:  Terus Didorong, Pengembangan Smart City dan Pembangunan Pusat Data Nasional

Setelah melalui persaingan yang sangat ketat, tim seleksi mengumumkan hasil kelulusan. Terdapat 12 orang lulus pada bidang mobile dan/web developer, 1 orang pada bidang UI/UX Desain Grafis dan masing-masing 2 orang untuk bidang Cloud Engineer dan Content Creator.

Gede Pramana mengatakan, tenaga hasil seleksi itu nantinya akan memperkuat Tim Pengembangan SPBE. Tim ini bertugas mempercepat kemajuan pembangunan layanan digital untuk meningkatkan kematangan Provinsi Bali dalam penyelenggaraan SPBE. Baik dalam hal layanan, kebijakan dan tata kelolanya. Tim Pengembangan SPBE dibentuk melalui Surat Keputusan Gubernur Bali dan Surat Perjanjian Kerja.

Pada kesempatan itu, Gede Pramana menyampaikan selamat kepada peserta yang telah mengikuti tahapan seleksi kompetensi dan dinyatakan lulus oleh tim seleksi. Ia mengingatkan bahwa tugas yang diemban Tim SPBE sangat berat, karena harus siap bekerja 24 jam dalam 7 hari.

Baca juga:  "Super Dishwash," Alat Pengolah Air Limbah Cuci Piring Tanpa Listrik

Hal ini sejalan dengan tugas Tim SPBE, yaitu memberi pelayanan bagi masyarakat dan memastikan seluruh sistem pelayanan berbasis elektronik berjalan dengan baik.

Pada bagian lain, ia juga menginformasikan prestasi yang telah diraih Tim SPBE Kominfos Bali. Pada tahun 2021, Tim SPBE Kominfos Bali memperoleh predikat sangat baik dengan capaian indeks sebesar 3,68.

Dengan capaian ini, Tim SPBE Kominfos Bali berada di peringkat 4 nasional setelah Kementerian Kominfo, BPS dan Kementerian Keuangan. Terkait dengan capaian ini, mereka yang dinyatakan lulus seleksi dan bergabung dalam tim diminta untuk menunjukkan kemampuan dan potensi terbaik sehingga mampu menaikkan indeks capaian SPBE Kominfos Bali. (kmb/balipost)

BAGIKAN