Personil Polsek Blahbatuh memeriksa kompor bekas tempat pembakaran jenasah. (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST. com – Dilaporkan Jumat (19/8) sekitar pukul 19.30 WITA  telah terjadi tabung minyak kompor pembakaran jenasah meledak saat Ngaben Massal di Kuburan Desa Adat Selat, Desa Belega, Kecamatan Blahbatuh. Kapolsek Blahbatuh, Kompol I Made Tama, S.H. mengatakan, akibat kejadian tersebut sejumlah warga mengalami luka bakar dan telah dibawa ke RSUD Sanjiwani.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Jumat (19/8), pada pukul 18.45 WITA bertempat di Kuburan Desa Adat Selat Desa Belega, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar berlangsung kegiatan upacara ngaben massal. Upacara ngaben ini diikuti 14 kelompok dan 64 sawa.

Baca juga:  Dari Siswa SMP Tumbangkan Pesilat Pelatnas hingga Sampah di TPA Mandung Meluber

Sekitar pukul 19.30 WITA, tabung minyak kompor jenazah meledak di lokasi pembakaran sawa  kelompok Arya Tanmundur (pembakaran yang terakhir). Tabung minyak yang berisi bahan bakar solar tiba-tiba meledak mengakibatkan terjadinya kebakaran dan menimbulkan korban luka bakar.

Berdasarkan keterangan dari warga atau pemilik kompor jenazah, I Made Suarta alias Pak Kade, kompor pembakaran jenazah yang digunakan sebanyak 7 kompor. Sebanyak 5 buah tabung minyak dan satu unit kompresor menggunakan bahan bakar solar dan kompresor menggunakan bahan bakar pertalite digunakan untuk proses pembakaran itu.

Baca juga:  Dua Korban Terseret Arus Pantai Klotok Ditemukan

Kompol Made Tama menyampaikan 3 unit armada Damkar Kabupaten Gianyar diturunkan guna memadamkan api. Sebanyak 1 unit mobil ambulans dari PMI Kabupaten  Gianyar membantu menyelamatkan korban untuk mendapat pertolongan di RSUD Sanjiwani Gianyar. (Wirnaya/balipost)

BAGIKAN