Salah satu putra Bali, I Gede Danu Kartikeya Wirawan, menjadi pengibar bendera di pembukaan Jamnas XI. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Jambore Nasional (Jamnas) XI tahun 2022 menjadi pertemuan akbar bagi Pramuka Penggalang seluruh Indonesia yang diselenggarakan pada 14-21 Agustus 2022. Jambore Nasional ini menjadi pesta pertemuan setiap 5 tahun sekali yang diikuti oleh anggota Pramuka Penggalang Indonesia dan undangan Pramuka dari luar negeri.

Pada Jamnas kali ini, salah satu putra Bali menjadi pengibar bendera di pembukaan Jamnas XI. Adalah I Gede Danu Kartikeya Wirawan yang memperoleh kepercayaan itu. Remaja pria yang merupakan alumni SMPN 3 Abiansemal dan saat ini tercatat sebagai siswa SMAN 2 Abiansemal ini bercita-cita menjadi Taruna Akademi Militer.

Baca juga:  Pemberdayaan Ekonomi Desa

Remaja berusia 15 tahun ini merasa bangga bisa menjadi salah satu anggota pengibar bendera di Jamnas XI dan membawa nama Bali di tingkat nasional

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Badung selaku Ketua Harian Kwarcab Badung I Gusti Made Dwipayana, membenarkan salah satu peserta Jamnas Badung Kontingen Bali menjadi pengibar pada Pembukaan Jamnas XI 2022 di Jakarta. Danu berhasil lolos seleksi tingkat nasional yang diikuti oleh perwakilan seluruh Indonesia.

Baca juga:  BKK Hindu BUMN Gelar Tirta Yatra dan Serahkan Punia ke Pura Besakih

“Kami sangat bersyukur dan bangga bahwa ada salah satu peserta kita diberikan kepercayaan untuk mengemban tugas pada pembukaan. Semoga apa didapat di Jambore nanti dapat menjadi pengalaman dan ditularkan kepada teman teman dan adik adiknya nanti demi kemajuan Pendidikan Kepramukaan di Badung dan Bali,” ucapnya dalam rilis yang diterima Minggu (13/8).

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah Bali I Made Rentin mengatakan salah satu wakil Bali mendapatkan kepercayaan untuk mengibarkan bendera Jamnas setelah sebelumnya melalui proses di Jambotren Daerah Bali. Kemudian, mengikuti seleksi di tingkat nasional.

Baca juga:  Rezeki Jamnas VW ke-49, Akomodasi di Buleleng "Full Booked"

Ia mengatakan Danu adalah merupakan putra wakil Bali pertama yang menjadi pengibar di Jamnas. “Tentunya hal ini sangat membanggakan kami dalam Pendidikan Kepramukaan di Bali. Ini akan menjadi motivasi kita dalam melakukan pola pendidikan serta pengembangan kepramukaan di Bali,” ujarnya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *