-Tactical Floor Game (TFG) pengamanan dan evakuasi terkait G20 dilakukan di Aula Makodam IX/Udayana, Denpasar, Rabu (10/8). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Setelah dilaksanakannya Table Top Exercise (TTX) akhir Juli lalu, Kodam IX/Udayana terus meningkatkan kesiapan satuannya dalam rangka menghadapi kegiatan Presidensi G20. Salah satu upaya tersebut dilakukan dengan menggelar Tactical Floor Game (TFG) di Aula Makodam IX/Udayana, Denpasar, Rabu (10/8).

Bahkan TFG akan dilakukan setiap bulan untuk mematangkan persiapan pengamanan dan evakuasi. TFG bertujuan menyusun taktik dan strategi yang akan diterapkan dalam pelaksanaan pengamanan G20.

Selain itu TFG juga dapat digunakan sebagai wahana koordinasi dalam perencanaan operasi agar masing-masing Subsatgas mengetahui peran dan fungsinya untuk menyukseskan serta mendukung kegiatan tersebut. Dalam arahannya, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto selaku Dansatgas Pamwil mengatakan TFG ini sangatlah penting dilakukan guna memantapkan kesiapan para unsur yang terlibat dalam rangka mengamankan event KTT G20 yang akan dilaksanakan di Bali pada November mendatang.

Baca juga:  Apel Luar Biasa Kodam Dipimpin Dua Pangdam

Ini merupakan tahapan dengan prosedur dan mekanisme yang harus dilakukan dalam menjalankan latihan secara bertingkat dan berlanjut dari tahapan sebelumnya. “Oleh karena itu, saya berharap pada kegiatan ini kita bisa menemukan hal-hal yang selama ini belum diprediksi. Dengan demikian kita dapat mengantisipasinya dan lebih matang dalam menghadapi kegiatan TFG tingkat selanjutnya,” ujarnya.

Pangdam Sonny menyebutkan akan kembali diselenggarakan TFG tingkat Kogabwilhan pada akhir Agustus di Mabes TNI, serta September dan Oktober di Bali. Oleh karenanya, Pangdam mengharapkan pada TFG tingkat satgas dapat dilaksanakan semaksimal mungkin. “Ke depan, tiap bulan kita akan melaksanakan beberapa TFG. Untuk itu, Kodam IX/Udayana dan unsur terkait lainnya yang berada di wilayah tugas harus lebih siap untuk melakukan pengamanan pada KTT G20 tahun ini,” tegas Mayjen TNI Sonny.

Baca juga:  Puluhan Tentara Gagal Divaksin, Ini Penyebabnya

Sementara itu, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Harfendi selaku Dansatgas Evakuasi menyampaikan, mengingat begitu pentingnya kegiatan TFG ini, diperlukan keseriusan dan semangat yang tinggi dari seluruh personel Satgas Pamwil maupun Evakuasi, sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik sesuai harapan. “Kodam IX/Udayana bersama satgas dari instansi lainnya terus berupaya menyukseskan acara tersebut dengan terus berkoordinasi dan berkaloborisasi bersama Polda Bali, Basarnas dan BPBD yang ada di Provinsi Bali dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” tandasnya.

Baca juga:  Jadi Arena Bulfest, Delapan Titik Jalan Protokol di Kota Singaraja Ditutup Total 5 Hari

Kegiatan TFG dilanjutkan dengan penjelasan skenario perkembangan situasi terakhir di wilayah Bali dan sekitarnya oleh Asintel Kasdam IX/Udayana. Sedangkan, Asops Kasdam IX/Udayana menjelaskan tentang susunan tugas, pasukan kawan dan konsep umum Operasi Satgas Pamwil dan Evakuasi. Kemudian, dilaksanakan olah yudha yang merupakan inti dari kegiatan tersebut. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *