Tangkapan layar webinar "Kontribusi Gojek dalam Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional Kala Pandemi" yang diselenggarakan virtual, Kamis (4/8). (BP/iah)

DENPASAR, BALIPOST.com – Gojek, perusahaan penyedia platform on-demand terdepan di Asia Tenggara, kembali menggelar Kreasi Pewarta Anak Bangsa (KPAB) 2022, ajang penghargaan karya jurnalistik bagi insan pers di Indonesia. Gelaran bergengsi di industri teknologi yang masuk tahun ketiga ini pertama kali diadakan pada 2020.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini KPAB 2022 akan menyertakan kategori terbaru yakni Kompetisi Foto KPAB 2022, hasil kerja sama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI). Penambahan kategori
ini guna mengapresiasi karya jurnalis foto yang bercerita lewat visual di media massa dan media sosial. Dewan jurinya terdiri dari empat orang, yakni Fira Basuki, Arifin Asydhad, Hermanus Prihatna, dan Hendra Suhara.

Deputy Chief of Corporate Affairs Gojek, sekaligus Ketua KPAB 2022, Audrey Progastama Petriny dalam pemaparannya dipantau secara virtual lewat Zoom, Kamis (4/8), mengatakan kompetisi diselenggarakan untuk mengapresiasi karya jurnalistik terbaik yang telah memberikan informasi kepada masyarakat mengenai berbagai program dan kontribusi ekosistem digital dalam pemulihan ekonomi nasional. “Kontribusi jurnalis sangat besar dalam memberikan informasi bermanfaat bagi masyarakat. Berkat dukungan para jurnalis, berbagai program Gojek dalam mendukung masyarakat di tengah pandemi dan untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional dapat berjalan optimal, serta dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh pihak dalam ekosistem kami. Gojek berterima kasih kepada seluruh insan pers yang telah mendukung ekosistem digital dan membangun optimisme di tengah pandemi,” kata Audrey.

Baca juga:  Bupati Badung Serahkan Sertifikat Hibah Tanah Pelaba Pura Pengulun Banjar Legian Kaja

Lomba akan digelar mulai 4 Agustus hingga 31 Oktober 2022. Semua pemenang akan diumumkan pada 8 Desember 2022. Dijelaskan, Gojek adalah bagian dari Grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia, yang menggabungkan 2,6 juta mitra driver, 15,1 juta merchant, dan 59,3 juta pengguna bertransaksi tahunan (ATU) per 31 Desember 2021. Menghadirkan layanan on-demand, e-commerce, dan financial technology services melalui platform Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial, ekosistem digital GoTo mencatatkan nilai transaksi bruto (GTV) sebesar Rp461,6 triliun pada tahun 2021, dengan demikian berkontribusi terhadap sekitar 2% dari pendapatan domestik bruto (PDB) Indonesia pada tahun 2021.

Baca juga:  Lewat BBM, Gojek Persiapkan Driver GoRide Tingkatkan Layanan Jelang KTT G20

Salah satu juri, Arifin Asydhad mengatakan gelaran KPAB Gojek harus diapresiasi sebagai upaya memotivasi para jurnalis menghasilkan karya jurnalistik yang lebih baik. “Di dalam ekosistem media saat ini yang masih mengedepankan pageview, tulisan feature semakin jarang dihasilkan oleh media. Karena itu, mari kita sama-sama berkontribusi dalam mengembalikan tulisan dan karya-karya jurnalistik yang semakin berkualitas.”

KPAB tahun ini mengambil tema utama, yaitu “Kontribusi Gojek dalam Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional kala Pandemi.” Ada lima sub-tema yang bisa dielaborasi yakni kontribusi Gojek bagi konsumen (Platform Gojek beri kemudahan bagi konsumen termasuk memberikan solusi terhadap tantangan di tengah pandemi), driver (Platform Gojek jadi penopang ekonomi mitra pengemudi), merchant (Kontribusi Gojek mendorong ekonomi UMKM dan daerah), Sustainability (Upaya Gojek mendorong Indonesia tumbuh berkelanjutan sesuai Komitmen Tiga Nol, dan SDM (Peran talenta digital dalam menghadirkan inovasi dan teknologi guna mendorong
pemulihan ekonomi di tengah pandemi). (kmb/balipost)

Baca juga:  Disiapkan, Perpres Penggunaan Teknologi Informasi
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *