Hektaran lahan kering terbakar di Banjar Nusu, Desa Sukadana, Kecamatan Kubu, Rabu (3/8). (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Untuk kesekian kalinya peristiwa kebakaran lahan terjadi di Kabupaten Karangasem memasuki musim kemarau. Yang terbaru, kebakaran lahan kering terjadi di Banjar Nusu,Desa Sukadana, Kecamatan Kubu, Rabu (3/8).

Untuk memadamkan kobaran api itu, belasan petugas Damkar Karangasem langsung turun tangan menangani kejadian tersebut. Kadis Damkar Karangasem, I Nyoman Siki Ngurah, mengungkapkan, pihaknya menerima adanya kebakaran lahan tersebut pukul 09.44 WITA.

Baca juga:  Hutan Dekat Pura Pasar Agung Terbakar

Menerima kejadian itu, pihaknya langsung menerjunkan sejumlah personil untuk melakukan proses pemadaman ke lapangan. “Untuk penanganan, kami menerjunkan sebanyak empat unit armadanya dengan mengerahkan personil sebanyak 10 anggota. Sementara, air yang digunakan untuk pemadaman itu kurang lebih 10 ribu liter. Dalam pemadaman, kita juga dibantu personil TNI, Polri dan masyarakat setempat,” ucapnya.

Siki Ngurah, menambahkan, luas lahan kering yang terbakar mencapai tiga hektar. Lahan terbakar, lokasinya berdekatan dengan pemukiman warga dan bengkel. “Lahan bisa terbakar, diduga adanya masyarakat yang melakukan pembakaran sampah. Karena lahan kering, maka api melalap dan meluas ke lahan ilalang,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Kematian Pasangan Matsuba, Forensik RSUP Sanglah Belum Bisa Tentukan Penyebabnya
BAGIKAN