Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) saat menerima audensi dari panitia GFNY di Ruang Tamu Wagub Cok Ace, Senin (1/8). (BP/Ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Bali dipilih sebagai tuan rumah ajang olahraga Internasional road bike, yaitu Gran Fondo New York (GFNY) Championship Asia. Hal ini pun disambut baik oleh Wakil Gubernur (Wagub) Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) saat menerima audensi dari panitia GFNY di Ruang Tamu Wagub Cok Ace, Senin (1/8).

Menurut Wagub Cok Ace, kegiatan ini sebagai salah satu upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali. Oleh karena itu, Wagub Cok Ace meminta panitia melakukan persiapan dengan sebaik-baiknya termasuk memilih rute yang bagus yang akan dilewati para peserta, baik dilihat dari segi karakteristik wilayah maupun keadaan jalannya.

Selain itu, Wagub juga meminta panita, selain membuka pendaftaran melalui web, juga menggencarkan pengumuman di beberapa titik wilayah wisata di Bali. Sehingga dapat diikuti oleh wisatawan yang kebetulan sedang berlibur di Bali. Kegiatan ini diharapkan dapat berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif perkembangan pariwisata dan ekonomi Bali.

Baca juga:  Teller Bank BUMN Tewas, Sejumlah Barangnya Raib

Panitia Acara, Endra yang hadir langsung saat audensi mengatakan bahwa GFNY Bali 2022 akan Kembali digelar untuk ke-4 kalinya di Gianyar, Bali setelah 7 kali ajang olahraga internasional road bike ini dilaksanakan mulai dari yang pertama pada tahun 2016 dan 2017 di Lombok dan 2018 di Samosir. GFNY Bali terakhir di gelar pada awal tahun 2020 saat pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia.

Dijelaskan, GFNY adalah Seri Maraton olahraga sepeda berskala Internasional yang diadakan di 19 negara dengan total 30.000 peserta per tahun yang terbagi menjadi kejuaraan regional di beberapa negara berbeda dan kejuaraan dunia di New York. GFNY Indonesia merupakan bagian dari GFNY World Series yang sudah terselenggara sejak tahun 2016.

Baca juga:  Wagub Apresiasi Banyak Pihak Bantu Percepatan Penggunaan EBT

Jumlah peserta bertambah setiap tahunnya dari 700 menjadi 1.700 peserta, baik lokal maupun Internasional. Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Asia Championship Tahun 2022 ini, Bali kembali menjadi tuan rumah GFNY Championship Asia dengan target 2.000 peserta dari dalam dan luar negeri yang rencananya akan diadakan pada 7 Agustus di Gianyar, Bali. Peserta terbaik akan diberangkatkan ke New York, AS untuk mengikuti world championship tahun 2023 mendatang.

Perhelatan internasional ini tentunya diharapkan dapat menggerakan kembali perekonomian dengan hadirnya peserta dari seluruh Indonesia dan mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Hongkong, Inggris, Prancis, Italia, AS dan beberapa negara lainnya. Dampak ekonomi yang dapat dihasilkan dengan melibatkan banyak sektor terkait mulai dari penerbangan, industri perhotelan, Usaha Mikro Kecil Menengah lokal termasuk restoran, cinderamata dan UMKM lainnya.

“Besar harapan kami agar GFNY Bali Element Camp 2022 turut serta berperan dalam menstimulus sektor industri pariwisata, yang mana kita tetap bisa saling terhubung, saling berbagi, saling belajar, dan saling mendukung pertumbuhan bisnis, serta bersama-sama mengakselerasi pertumbuhan ekonomi melalui sektor pariwisata Indonesia. Dukungan dan kerja sama dari semua pihak baik pemerintah pusat, daerah, instansi terkait serta pelaku-pelaku industri sangatlah kami apresiasi,” ujarnya.

Baca juga:  Melonjak, Ekspor Bali ke UEA

Rute GFNY Bali terbagi menjadi dua, yaitu long (137km) dan medium (102km) melewati pesisir pantai dan area gunung. Untuk menambah semaraknya acara, akan digelar juga Bike Expo pada tanggal 5-7 Agustus di Gianyar. Akan ada booth-booth dari bebagai macam industri.

Pagelaran akbar ini bisa terus berlangsung dengan banyaknya dukungan mulai dari pemerintah pusat, daerah serta intansi-instansi terkait. Demi lancarnya acara ini agar tetap sesuai dengan aturan serta protokol Kesehatan yang ada. (kmb/balipost)

BAGIKAN