PLN yakin ekosistem kendaraan listrik di Indonesia memiliki masa depan yang cerah. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Cita-cita pemerintah membangun ekosistem kendaraan listrik di tanah air perlahan terwujud. Terbitnya regulasi pendukung, insentif dari pengembang dan produsen serta pembangunan infrastruktur terus didorong dan disiapkan. PT PLN (Persero) pun yakin ekosistem kendaraan listrik di Indonesia memiliki masa depan yang cerah.

General Manager PLN UID Bali, I Wayan Udayana saat mengikuti kegiatan peresmian Joint Project for EV Ecosystem di Nusa Dua, Rabu (27/7) lalu, mengatakan saat ini produsen kendaraan listrik semakin melirik pasar Indonesia yang dinilai menarik. “Pemerintah sudah menyiapkan regulasi yang memberikan berbagai keistimewaan bagi pengguna misalnya pengaturan tentang PPnBM, kemudahan balik nama, dan sederet aturan lainnya yang menguntungkan pengguna,” ujar Udayana.

Baca juga:  Gubernur Koster Tutup PKB Ke-41, Apresiasi Lancar dan Tertibnya Kegiatan

Ia menjelaskan, infrastruktur pendukung juga telah disiapkan PLN tak hanya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) termasuk mengembangkan aplikasi Charge.In yang terhubung dengan PLN Mobile. “Masyarakat semakin sadar untuk hidup lebih bersih dan environmentally friendly sehingga kendaraan listrik ini diharapkan makin mudah diterima masyarakat. Apalagi semuanya sudah terdigitalisasi dan sangat modern, tentu makin menarik minat anak-anak muda khususnya mereka yang top of mind-nya memang sangat peduli terhadap lingkungan,” imbuhnya.

Udayana menyebutkan, sosialisasi kepada masyarakat harus terus digencarkan melalui berbagai kegiatan seperti yang telah dilakukan beberapa waktu lalu melalui PLN E-Mobility ataupun bentuk sosialisasi lain agar di masyarakat dapat terbentuk mindset bahwa selain bebas emisi, dan lebih efisien, menggunakan kendaraan listrik berarti turut mendukung pemerintah dalam mengurangi beban anggaran belanja energi yang tiap tahunnya semakin meningkat.

Baca juga:  Sukseskan Konversi LPG ke Kompor Induksi, Kementerian ESDM Apresiasi Gerak Cepat PLN

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melalui sambutannya mengatakan, perubahan iklim yang dahsyat membutuhkan berbagai inisiatif untuk melawannya. Salah satu inisiatif yang saat ini sedang kita bangun bersama adalah ekosistem kendaraan listrik. Demi mewujudkannya diperlukan sinergi dari berbagai pihak. “Dalam membangun ekosistem kendaraan listrik tidak dapat dilakukan secara terpisah-pisah, namun harus ada integrasi lintas sector baik dari sisi pemerintah maupun swasta untuk mempercepat pengembangan ekosistem ini yang sejalan dengan agenda G20 Summit mendatang,” ucap Budi.

Baca juga:  Tangani Krisis Air Bersih, BPBD Siapkan Armada Mobil Tangki

Gubernur Bali I Wayan Koster turut mendorong masyarakat untuk menggunakan kendaraan ramah lingkungan ini untuk mendukung visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali demi menjaga kesucian dan keharmonisan Bali. “Bali telah menerbitkan regulasi untuk mendukung penggunaan energi bersih dan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai demi mempercepat terwujudnya ekosistem kendaraan listrik,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa Bali akan segera menerapkan zonasi untuk penerapan kendaraan listrik, antara lain di Nusa Penida, Ubud, Sanur dan Kuta. Ia berharap kebijakan ini nantinya mampu meningkatkan citra positif Bali di mata dunia. (Adv/balipost)

BAGIKAN