Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Harfendi saat memimpin Rakornis Kesiapan Satgas Evakuasi dalam rangka Presidensi G20 di Aula Udayana Makodam IX/Udayana, Denpasar. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 diselenggarakan di Provinsi Bali pada 15-16 November 2022 dan berbagai persiapan untuk menyukseskan kegiatan ini terus dimatangkan. Terkait KTT ini, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto sebagai Dansatgas Pengamanan Wilayah dan Kasdam Brigjen TNI Harfendi selaku Dansatgas Evakuasi Bencana Alam.

Oleh karena itu, Kasdam Brigjen Harfendi bersama pejabat terkait menggelar Rapat Koordinasi Teknis (rakornis) Kesiapan Satgas Evakuasi dalam rangka Presidensi G20 di Aula Udayana Makodam IX/Udayana, Jalan Udayana No. 1, Denpasar, Selasa (19/7).

Baca juga:  Dari Pusat Harus Bantu Bali hingga Sejumlah Karyawan Investasi Sempat Diamankan

Dalam sambutannya, Brigjen Harfendi menyampaikan rakornis tersebut bertujuan mengetahui kembali kesiapan masing-masing satuan tugas (satgas) maupun perorangan dalam menghadapi potensi bencana alam. Dengan demikian dapat meminimalisir terjadinya korban apabila terjadi bencana alam saat KTT G20 berlangsung.

“Tugas pokok Satgas Evakuasi sangat berat. Dihadapkan dengan bencana alam yang kita semua tidak mengetahui bentuk dan waktu kapan terjadinya. Satgas Evakuasi beserta kekuatannya harus melaksanakan siaga bencana alam  selama pelaksanaan Presidensi G20 berlangsung,” ungkapnya.

Baca juga:  Ketua TP PKK Bali Menyapa dan Berbagi di Jembrana Sasar 400 Warga Kurang Mampu

Lebih lanjut Harfendi mengatakan, masing-masing satuan maupun individu yang tergabung dalam Satgas Evakuasi diharapkan dapat memiliki rencana dan strategi dalam menghadapi potensi yang ada, khususnya satgas yang berada di lokasi kegiatan KTT G20 harus bertindak sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku.

“Saya berharap seluruh peserta yang hadir di tempat ini (aula), khususnya yang menduduki jabatan strategis saat kegiatan G20 berlangsung, agar benar-benar mengerti dan memahami akan tugas pokoknya sesuai dengan SOP yang sudah disepakati,” tegasnya.

Baca juga:  Pascakaram di Jungutbatu, Kapal Tongkang Diminta Segera Dievakuasi

Dalam rakornis tersebut dijelaskan oleh Wakil Asisten Operasi Kasdam IX/Udayana terkait tugas-tugas Komandan dan Dantim Sub-sub Satgas Hotel di tempat kegiatan. Selain itu rute evakuasi yang akan digunakan dan tempat asembbly point sekaligus tempat evakuasi sementara apabila terjadi bencana alam. (kmb36)

 

foto:kasdam

Ketfoto

 

Bali Post/ist

RAKONIS – Kasdam IX/Udayana  Brigjen TNI Harfendi pimpin Rakornis Kesiapan Satgas Evakuasi dalam rangka Presidensi G20 di Aula Udayana Makodam IX/Udayana, Denpasar.

BAGIKAN