PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali turut berpartisipasi dalam melestarikan ekosistem laut dengan melakukan penanaman 1.000 pohon dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni 2022. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali turut berpartisipasi dalam melestarikan ekosistem laut dengan melakukan penanaman 1.000 pohon dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni 2022. Kegiatan yang merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) ini dilaksanakan di kawasan pesisir Pantai Biaung, Kertalangu, Denpasar, Jumat (24/06) menggandeng Rumah Mangrove dan KUB Sari Segara Kesiman.

Sebanyak 800 bibit pohon cemara udang dan cemara laut serta 200 bibit pohon ketapang kencana dengan total nilai Rp 65 juta ini diserahkan langsung oleh Krisantus Hendro Setyawan selaku Senior Manager Komunikasi dan Umum PLN UID Bali kepada perwakilan penerima manfaat. Krisantus menjelaskan bahwa pemberian bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dalam menjaga pelestarian ekosistem laut antara lain meningkatkan agregasi tanah, memperbaiki unsur hara serta melestarikan tempat bertelurnya penyu.

Baca juga:  Pencapaian Pasukan Khusus PLN Bali di Hari Jadi ke-27

“Banyak manfaat yang diperoleh dengan melakukan pelestarian lingkungan, tidak hanya bagi ekosistem di pantai, namun juga ini menjadi upaya kita bersama untuk membangun meminimalisir abrasi yang semakin menyempitkan garis pantai serta membentengi pantai dari bencana tsunami,” terangnya.

Selain itu, menurutnya, abrasi pantai yang meresahkan belakangan ini menyulitkan para nelayan untuk melaut akibat tingginya pasir pantai terhadap laut sehingga perahu nelayan sulit diturunkan.

Baca juga:  Ratusan ABK di Pelabuhan Serangan Di-Rapid Test, Ini Hasilnya

“Semoga pohon-pohon ini saat sudah tumbuh lebih tinggi mampu menjadi peneduh bagi pengunjung pantai serta dapat menolong para nelayan di masa depan supaya bisa melaut dengan lebih mudah,” ujar Krisantus.

Ni Ketut Kesyuani, perwakilan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan menyampaikan apresiasinya terhadpa upaya yang dilakukan PLN bersama komunitas setempat atas kontibusinya dalam melakukan pelestarian lingkungan melalui kegiatan penghijauan ini.

“Kami berharap pohon-pohon yang hari ini ditanam dapat dijaga sebaik-baiknya oleh kelompok tani, kelompok nelayan maupun masyarakat di sekitar Pantai Biaung ini sehingga dapat memberikan dampak positif bagi ekosistem laut,” kata Kesyuani

Baca juga:  Tetap Lindungi Rakyat Kecil, Penyesuaian Tarif Listrik Berlaku Golongan 3.500 VA ke Atas

Ketua Kelompok Tani Rumah Mangrove, Fajar Lukman Hakim menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PLN atas kepeduliannya PLN terhadap lingkungan khususnya daerah pesisir pantai.

“Saya mewakili komunitas pencinta lingkungan dan rumah mangrove mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan dalam menjaga ekosistem vegetasi laut. Kami akan secara rutin memonitor perkembangan kehidupan pohon-pohon yang kita tanam hari ini agar bisa hidup dan mudah-mudahan juga dapat membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar dan lingkungan,” tutup Fajar. (Adv/balipost)

BAGIKAN