Tangkapan layar - Indeks kualitas udara di Jakarta tercatat tidak sehat berdasarkan data IQ Air di Jakarta, Rabu (15/6/2022). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – IQ Air menempatkan Jakarta pada posisi pertama sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di dunia pada Rabu (15/6), pukul 11.00 WIB. IQ Air merupakan lembaga pendata kualitas udara.

Melalui laman resmi di Jakarta mencatat indeks kualitas udara di Ibu Kota mencapai 188 atau masuk kategori tidak sehat. Adapun kategori kualitas udara tidak sehat berada pada rentang indeks 151 hingga 200 berdasarkan IQ Air.

Baca juga:  Jabar Ditetapkan Sebagai Sentra Pembina Talenta Muda Desain Olahraga Nasional

Sebagaimana dikutip dari kantor berita Antara, Rabu (15/6), konsentrasi polutan Partikulat Matter (PM) 2,5 tercatat mencapai 25,4 kali di atas standar Badan Kesehatan Dunia (WHO) sehingga membuat kualitas udara di Jakarta tergolong tidak sehat. Dengan kualitas udara itu, IQ Air hingga pukul 12.00 WIB menempatkan Jakarta di posisi pertama kemudian disusul Dubai di Uni Emirat Arab dengan indeks mencapai 160 dan di posisi ketiga diisi Kota Santiago di Chile mencapai indeks 158.

Baca juga:  Kasus Surat Suara Tercoblos, NasDem Minta Bawaslu dan Polisi Usut Tuntas

Kualitas udara tidak sehat di Jakarta bukan yang pertama kali. IQ Air mencatat data kualitas udara Jakarta pada 2017 mengalami peningkatan dengan rata-rata mencapai 29,7 mikrogram per meter kubik (m3).

Kemudian pada 2018 berlipat ganda menjadi rata-rata 45,3 mikrogram per meter kubik dan pada 2019 kembali naik menjadi 49,4 mikrogram per meter kubik. Kualitas udara di Jakarta rata-rata pada 2020 kemudian menurun menjadi 39,6 mikrogram per meter kubik seiring pembatasan kegiatan masyarakat karena pandemi COVID-19. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  Refleksi Akhir Tahun, Wujudkan Bali Jadi Destinasi Berkualitas Masih Jauh dari Harapan

 

BAGIKAN