Gladi bersih di Panggung Terbuka Ardha Candra dilakukan Sabtu (11/6) sore. (BP/win)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIV akan dibuka, Minggu (12/6) besok. Serangkaian persiapan telah dilakukan. Termasuk gladi bersih pementasan seni yang akan ditampilkan.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, I Gede Arya Sugiartha didampingi Kepala UPTD Taman Budaya Bali, Ria Arsika, Sabtu (11/6), mengatakan gladi saat pawai di Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Bajra Sandi Renon, maupun pementasan di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya Bali sudah digelar. Berdasarkan pantauan Bali Post, gladi bersih di Panggung Terbuka Ardha Candra dilakukan Sabtu (11/6) sore.

Baca juga:  2022, Kasus WNA Terlibat Kejahatan Meningkat Dua Kali Lipat

Mantan Rektor ISI Denpasar ini mengatakan selain disaksikan tamu undangan, pementasan di Panggung Terbuka Ardha Candra Taman Budaya Bali dapat disaksikan oleh masyarakat umum. Namun, harus memenuhi empat persyaratan.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi, menaati protokol kesehatan (prokes), sudah mandapatkan vaksin ketiga (booster), memiliki aplikasi PeduliLindungi, dan wajib memakai busana adat Bali. Apabila salah satu syarat tidak terpenuhi, maka penonton tidak diizinkan masuk.

“Syarat ini penting ditaati oleh masyarakat yang ingin menonton langsung pememtasan di Panggung Terbuka Ardha Candra demi keamanan dan kenyamanan kita bersama, karena saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19. Meskipun sudah melandai, namun tetap harus hati-hati dan waspada,” himbau I Gede Arya Sugiartha

Baca juga:  Tambahan Pasien COVID-19 Sembuh di Bali Masih Lampaui Kasus Baru, Sayangnya Korban Jiwa Sudah Hampir 2 Bulan Dilaporkan

Rencananya, setelah PKB ke-44 resmi dibuka Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Bajra Sandhi, Renon, Minggu (12/6) siang, pada malam hari 300 orang undangan akan menonton sajian seni di Panggung Terbuka Ardha Candra. Akan ada beragam tarian yang ditampilkan.

Yakni, Tari Kebesaran Pemerintah Provinsi Bali, Murdhanatha Bali Dwipa Jaya, Tari Baris Anak-Anak Bandana Manggala Yudha dan Rekasadana (pergelaran) Sendratari berjudul “Catur Kumba Mahosadhi” garapan ISI Denpasar berkolaborasi dengan Sanggar Usadhi Langu. Sugiartha, mengungkapkan bahwa gladi bersih penting dilakukan untuk memastikan persiapan pementasan yang akan ditampilkan saat malam serabgkaian pembukaan PKB XLIV Tahun 2022. Dikatakan, bahwa pemetasan yang akan ditampilkan ini sudah siap 100 persen. Sebab, gladi kotor telah dilakukan Jumat (10/6). (Winatha/balipost)

Baca juga:  Tambahan Kasus COVID-19 di Denpasar Ada di 8 Desa/Kelurahan
BAGIKAN