Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan, Rabu (9/6/2022). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Presiden Joko Widodo melalui Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengundang Paus Fransiskus di Vatikan agar dapat berkunjung ke Indonesia. “Saya ingin menyampaikan undangan Presiden Joko Widodo kepada Yang Mulia untuk datang berkunjung ke Indonesia,” ujar Menag Yaqut dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Kamis (9/6).

Menag mengatakan, Paus Fransiskus sebenarnya berencana datang ke Indonesia tapi batal karena pandemi COVID-19. Kini, di tengah situasi COVID-19 yang sudah terkendali di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia, Menag menyampaikan undangan agar Paus dapat kembali menjadwalkan kunjungan ke Indonesia.

Baca juga:  Di Peringatan HPN, Presiden Tegaskan Cabut Remisi Susrama

Yaqut menjelaskan, Kementerian Agama telah mencanangkan tahun 2022 sebagai Tahun Toleransi. Pencanangan ini menjadi salah satu wujud komitmen kuat dari pemerintah untuk senantiasa merawat toleransi, baik toleransi sosial, agama, maupun politik.

Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia dapat memperkuat pesan toleransi dan perdamaian antarpemeluk agama, khususnya di Tanah Air. “Indonesia mampu menjaga toleransi dan perdamaian antarpemeluk agama, termasuk ratusan umat agama lokal. Kami ingin mengundang Yang Mulia untuk melihat keberagaman ini di Indonesia,” kata dia.

Baca juga:  Pariwisata, Primadona Baru Ekonomi Jokowi-JK

Menag juga menyampaikan kerinduan umat Katolik kepada Paus Fransiskus saat datang ke Indonesia. Menag menyampaikan salam dari para Uskup Agung dan Uskup Indonesia, mereka berdoa untuk kesehatan Paus Fransiskus dan berharap dapat datang ke Indonesia. “Kami berdoa dan berharap kesehatan dan kemakmuran yang baik untuk Yang Mulia. Kami percaya dan menghargai persaudaraan sebagaimana Yang Mulia percaya untuk menciptakan dan memelihara perdamaian di Indonesia,” kata Menag. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  Menjaga Stabilitas Nasional

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *