PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Salah satunya diwujudkan melalui dukungan kepada Kelompok Tani Tiyisan Sari di Desa Sidan, Gianyar. (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Salah satunya diwujudkan melalui dukungan kepada Kelompok Tani Tiyisan Sari di Desa Sidan, Gianyar.

Kelompok tani yang kini sedang mengembangkan produk seperti teh mentik susu, lulur kelapa, virgin coconut oil (VCO) dan keripik talas ini beranggotakan 100 orang yang seluruhnya merupakan ibu rumah tangga dari keluarga petani. PLN melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), menyalurkan bantuan berupa alat-alat penunjang produksi yang berbasis listrik untuk memudahkan kegiatan produksi yang dilakukan dengan total nilai sebesar Rp65 juta.

Baca juga:  Nasabah Ungkap Manfaat "BRI Menanam"

“Di Desa Sidan ini, kami melihat potensi UMKM yang dimotori oleh ibu-ibu rumah tangga yang jika dikembangkan dengan baik akan mampu membangun jiwa entrepreneur yang tangguh sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga, ujar Senior Manager Komunikasi dan Umum PT PLN (Persero) UID Bali, Krisantus Hendro Setyawan saat menyalurkan bantuan secara langsung di Wantilan Desa Sidan, Senin (30/05).

Krisantus mengatakan, Desa Sidan yang telah dikenal sebagai desa wisata dengan pesona alam yang asri, harus juga didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. “Bantuan TJSL ini tentu tidak hanya alat-alat pendukungnya saja yang diberikan, namun juga ada pelatihannya untuk meningkatkan skill, sehingga produk-produknya nanti makin berkualitas,” ungkapnya.

Baca juga:  BPR Gotong Royong Hadapi COVID-19

Perbekel Desa Sidan, I Made Sukra Suyasa, S.Sos., menyampaikan apresiasinya kepada PLN atas kepeduliannya kepada Desa Sidan khususnya kepada kelompok wanita tani ini. “Saya mewakili kelompok menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan dan kami berharap Desa Sidan dapat menghasilkan produk-produk unggulan yang mendukung pengembangan desa wisata di Kabupaten Gianyar bagian timur,” ujarnya.

Ayu Surya Adnyani Mahayastra, Ketua Tim Penggerak PKK Gianyar, turut menyampaikan kesannya atas sinergi yang dibangun PLN dan Kantor Pertanahan Kabupaten Gianyar untuk program bantuan yang disalurkan ke Desa Sidan kali ini. “Saya berharap bantuan yang disalurkan ini dapat memberikan manfaat dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat sehingga penerima bantuan menjadi lebih bersemangat dan bisa memanfaatkannya secara optimal serta mampu memberi nilai tambah bagi kelompok serta pengembangan Desa Sidan menjadi kawasan destinasi wisata,” ujarnya. (Adv/balipost)

Baca juga:  Jadi Bank Mikro Sejati, Ini Target Porsi Kredit Mikro BRI di 2025
BAGIKAN