Kapasitas LP Kelas II Karangasem kian overload seiring terus bertambahnya tahanan warga binaan. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Warga binaan yang menghuni Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II B Karangasem terus bertambah. Kondisi tersebut, mengakibatkan kapasitas LP kian overload atau kelebihan kapasitas.

Kepala Lapas Klas II B Karangasem, Prayitno, mengatakan, situasi ini sudah terjadi sejak beberapa tahun terakhir. Jumlah warga binaan yang menghuni LP melebihi kapasitas.

Terlebih lagi, ada tambahan puluhan warga binaan dari LP Kerobokan, Denpasar dipindah ke Lapas Karangasem. “Kapasitas LP Karangasem sendiri sebanyak 149 orang, tapi kini sudah dihuni sekitar 249 orang. Jadi, saat ini kelebihannya sekitar 100 orang dari jumlah yang ditentukan. Dan saat ini, kondisi lapas otomatis kian overload,” ujar Prayitno belum lama ini.

Baca juga:  Petugas Berantas Barang-barang Terlarang di Lapas Karangasem

Prayitno menambahkan, saat ini satu kamar yang biasanya berisi 4 sampai 6 orang, terpaksa diisi 7 sampai 10 orang lebih. Sedangkan kamar yang berkapasitas besar untuk sementara diisi 12 sampai 15 warga binaan agar terakomodir. “Setiap kamar kondisinya sudah overload. Penghuni kamar telah melebihi kapasitas yang telah ditentukan. Akan tetapi, hingga kini kamar masih sangat layak, aman, serta nyaman dipergunakan oleh warga binaan,” katanya.

Baca juga:  Langgar UU Karantina, Lima WN India Ditangkap dan Dua Masih Dicari

Dia menjelaskan, kalau pihaknya telah mngusulkan rivitalisasi bangunan setiap tahunnya. Usulan diserahkan ke Kementerian, tetapi hingga kini belum direspon.”Kita sudah mengajukan anggaran untuk revitalisasi. Lapas hanya menunggu respon pemerintah pusat,” imbuh Prayitno. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN