Bupati Badung Nyoman Giri Prasta mendampingi Wapres RI, Ma'ruf Amin meninjau secara langsung Kawasan UMKM Pantai Jerman Kabupaten Badung, Selasa (10/5). (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) K.H. Ma’ruf Amin bersama Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin, Wapres Ma’ruf Amin didampingi Bupati Badung Nyoman Giri Prasta melakukan kunjungan serta meninjau secara langsung Kawasan UMKM Pantai Jerman Kabupaten Badung, Selasa (10/5). Kunjungan kali ini dilaksanakan guna mendukung UMKM yang ada di Badung terutama di Bali. Sehari sebelumnya Wapres Ma’ruf Amin telah membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2022 di Bali.

Turut mendampingi Wapres, Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro, Gubernur Bali Wayan Koster, Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra, Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, DPRD Badung Luh Gede Mediastuti, Kadis Koperasi UMKM dan Perdagangan Badung I Made Widiana, Sekcam Kuta dan Lurah Kuta.

Baca juga:  Tunggu Gedung Budaya Rampung, Pemkab Badung Belum Tunjuk Pengelola

Wapres Ma’ruf Amin mengatakan, para wisatawan lokal dan mancanegara tak perlu khawatir berwisata ke Bali, karena saat ini situasi COVID-19 di Bali semakin membaik dengan cakupan vaksinasi sudah cukup tinggi. Bali sudah aman dari COVID-19 karena semuanya sudah divaksinasi.

Oleh karena itu, memang wisatawan tidak perlu khawatir untuk datang ke Bali sebab vaksinasi booster sudah hampir 70%. Di samping itu kondisi UMKM di Pantai Jerman Bali dinilai sudah mulai menggeliat dan optimistis perekonomian kembali membaik. “Saya lihat walaupun sudah mengalami tekanan selama beberapa lama, semangat UMKM di Pantai Jerman tidak patah, tadi saya bicara dengan mereka semangatnya masih tinggi, “ujar Ma’ruf Amin.

Ia berharap dalam waktu dekat kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia kembali semakin membaik sehingga ekonomi masyarakatnya terus menggeliat.

Baca juga:  Wapres Tegaskan Perppu Pembubaran Ormas Mendesak

Sementara itu Bupati Badung Giri Prasta mengatakan penataan kawasan ini sudah kita lakukan serta kita yang bangun dari Pemerintah Kabupaten Badung, dan anggaran dananya dari Bapak Gubernur untuk menggerakan ekonomi kerakyatan. “Pada saat kemarin ada pandemi COVID-19, kami dari Pemerintah Kabupaten Badung sudah memberikan bantuan kepada UMKM yang ada di Kabupaten Badung dan kami pastikan ke depan UMKM ini kita akan berikan lagi bantuan untuk penguatan modal. Bantuan ini diberikan dalam rangka melindungi eksistensi UMKM sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi daerah di tengah pandemi. Walau di tengah pandemi, ekonomi diharapkan tetap menggeliat,” tegasnya.

Pihaknya memiliki komitmen kuat untuk mendukung UMKM tetap eksis, bagi perajin, bantuan modal ini dapat digunakan untuk membeli bahan baku, sementara bagi UMKM yang bergerak di sektor perdagangan, bantuan ini dapat digunakan untuk membeli barang-barang dagangan. “Salah satu yang telah dilakukan adalah dengan memberikan bantuan permodalan. Untuk memenuhi daripada aspirasi ini atas dasar kesepakatan kita di Bali sesuai dengan arahan Bapak Wakil Presiden dan Bapak Gubernur kita akan lakukan dengan baik. Dan kami dari Kabupaten Badung sangat siap sepenuhnya untuk memberikan penguatan modal bagi UMKM yang ada di Badung,” ujarnya.

Baca juga:  Bupati Giri Prasta Saksikan Petapakan Ida Ratu Gede Mas Ayu Napak Pertiwi di Kuwum

Pelaku UMKM di Kawasan Pantai Jerman Made Listriani mengatakan sangat senang dan berterima kasih dengan adanya  kunjungan Bapak Wakil Presiden, yang mana biasanya hanya  bisa dilihat melalui televisi saja tetapi hari ini bisa bertemu dan mengobrol langsung. Pihaknya juga akan terus optimis dengan mulai adanya geliat pariwisata lagi dan akan siap untuk maju terus. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *