Sejumlah wisatawan mancanegara (wisman) menikmati suasana pantai di Canggu, Badung. (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Total kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali melalui Bandara Ngurah Rai sejak dibukanya penerbangan internasional di tengah pandemi COVID-19, mencapai 58.552 orang. Jumlah kedatangan terbanyak terjadi selama bulan April, mencapai 42.642 orang atau rerata kedatangan per hari mencapai 1.854 orang.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Bali, Tjok Bagus Pemayun, wisatawan Australia masih mendominasi kedatangan. Sejak border dibuka, hingga April, total wisatawan Australia ke Bali mencapai 14.737 orang.

Baca juga:  Kasus COVID-19 Baru Naik dari Sehari Sebelumnya, Korban Jiwa Juga Tambah

Ia mengutarakan hal ini menjadi momen untuk membangkitkan pariwisata Bali. Pasalnya, Bali selama ini menjadi rumah kedua bagi wisatawan asal Australia.

Dari data yang dimiliki selama Maret 2022, total kedatangan PPLN ke Bali melalui Bandara Ngurah Rai sebanyak 19.044 orang. Dari total jumlah tersebut, untuk kedatangan wisman sebanyak 15.603 orang.

Dilihat dari asal negaranya, Australia mendominasi dengan total sebanyak 2.587 orang. Kemudian disusul wisatawan asal Amerika sebanyak 1.387 orang, Inggris sebanyak 1.281 orang.

Baca juga:  Sehari Nihil, Korban Jiwa COVID-19 Kembali Dicatatkan Bali

Menurutnya, meski jumlah kedatangan wisman mulai meningkat, hingga saat ini hunian hotel di Bali masih relatif rendah. Dari data yang ada, secara keseluruhan baru sekitar 30 persen.  Hanya kawasan Nusa Dua yang mencapai 60 persen.

Sementara itu untuk tempat favorit yang ramai dikunjungi wisman adalah Kuta, Penglipuran, Bali, dan Ubud. Sedangkan untuk Bali Utara, seperti Pantai Lovina masih sepi. (Yudi Karnaedi/balipost)

Baca juga:  Layanan Vaksinasi di Dua Lokasi Ini akan Dibuka Lagi, Gunakan Sistem Daftar Online
BAGIKAN