Sejumlah persiapan perbaikan dan pengecatan di ruas jalan Nasional Denpasar-Gilimanuk, BBPJN memastikan kondisi jalan nasional di Bali sudah 98 persen mantap. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali terus mempersiapkan jalan nasional di Provinsi Bali, khususnya Denpasar-Gilimanuk sebagai jalur Lebaran 2022 bagi para pemudik. Selain mempersiapkan kondisi jalan nasional, juga dibuka tujuh titik posko lebaran PUPR sebagai tempat istirahat pemudik mulai Karangasem hingga Gilimanuk.

Kepala BBPJN Jawa Timur-Bali, Achmad Subki, mengatakan pihaknya telah mempersiapkan jalan nasional sebagai Jalur Lebaran. “Saya perintahkan kepada jajaran saya agar jalan nasional lebih dipersiapkan menyambut libur Lebaran tahun ini. Jika jalan berlubang agar cepat ditutup, rumput-rumput di pinggir jalan dirapikan, serta cek drainase agar tidak ada genangan saat hujan,” kata Achmad.

Baca juga:  KPU Jembrana Dukung SMSI Ciptakan Pilkada Bermartabat

Ia menjelaskan saat ini sekitar 98,65 persen kondisi jalan nasional, khususnya di Provinsi Bali, dalam kondisi mantap. Sehingga sudah siap untuk dilalui para pemudik yang akan pulang kampung ke Bali atau Lombok melewati jalur darat.

Ditegaskan penanganan jalan nasional menyambut libur Lebaran tersebut harus selesai pada H-10 atau Jumat (22/4). “Pekerjaan rutin pada jalan nasional sudah harus selesai H-10 sehingga tidak mengganggu kenyamanan pemudik,” terangnya.

Khusus di Bali, Posko Lebaran menurut Kepala Bidang Preservasi II BBPJN Jawa Timur-Bali, Roby Abipramono, terdapat 7 titik. Yaitu di Jalan Gilimanuk – Cekik (dekat Tugu Cekik di Pelabuhan Gilimanuk), Kota Negara – Pekutatan (Desa Penyaringan, Jembrana), Jalan Amlapura (dekat Pom Bensin Kubu, Singaraja), Ruas Kosamba – Angentelu (Desa Antiga Kelod, Karangasem), Mengwitani – Kota Tabanan (Mengwitani, Badung), Ruas Simpang Tohpati – Simpang Pantai Siut (Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Gianyar) dan Ruas Sakah – Blahbatu (Jl. Wisma Gajah Mada, Gianyar).

Baca juga:  Revisi Perda RTRW Jembrana Mulai Dibahas

“Posko Lebaran tersebut terletak di pinggir jalan dan dilengkapi dengan fasilitas tempat istirahat, toilet, peralatan medis serta tempat ibadah. “Posko juga dilengkapi alat berat yang siap digerakkan jika ada bencana atau perbaikan jalan,” sebut Roby.

Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana sebelumnya juga menegaskan khusus di wilayah Jembrana mulai dari Pengeragoan, Kecamatan Pekutatan hingga Gilimanuk disiapkan lima titik kantong parkir serta pos pemeriksaan. Sehingga dapat memudahkan untuk pemeriksaan di Gilimanuk khususnya berkaitan dengan syarat pelaku perjalanan.

Baca juga:  Pelaku Pemerkosa Diganjar Empat Tahun Penjara

Kesiapan jalan yang dilintasi sudah berkoordinasi dengan instansi terkait. “Jalan terutama di wilayah hukum Polres Jembrana sudah dicek dan tidak ada kendala, juga kita lakukan pendataan terkait pepohonan (pohon perindang) dan dilakukan penebangan yang sudah tua, sehingga arus mudik tidak membahayakan pengguna jalan,” kata Kapolres. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN