Memperingati Hari Kartini, Polwa dan Bhayangkari Polres Tabanan memasak untuk para lansia di panti werda. (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Berbagi tali kasih dengan pemberian bingkisan itu sudah biasa. Namun di Hari Kartini, Kamis (21/4), para polisi wanita (polwan) berkolaborasi dengan Bhayangkari memasak untuk para lansia di Panti Wreda.

Seperti yang dilakukan, perwakilan polwan dan Bhayangkari Polres Tabanan, di hari Kartini, Kamis (21/4) yang memasak beragam sajian menu untuk santap bersama dengan para lansia. Kegiatan kali ini juga menggandeng Poklahsar Sari Nadi, Desa Mandung, Kerambitan.

Kegiatan memasak bagi para lansia di UPTD Pelayanan Sosial dan Perlindungan Perempuan dan Anak, di Banjar Wanasara, Desa Bongan, memang baru pertama kali dilakukan jajaran polwan dan Bhayangkari Polres Tabanan. Namun, momen ini sangat dirasakan luar biasa lantaran bisa ikut berbagi kasih pada para lansia yang sedang berada di panti wreda.

Bahkan, Ketua Bhayangkari Cabang Tabanan, Nyonya Ria Ranefli bersama Wakil Ketuanya Nyonya Vika Doddy dan Pakor Polwan, Kompol Ni Ketut Seni Paniyanti, tampak cekatan mengolah sajian menu berbahan dasar ikan patin tersebut untuk nantinya bisa menjadi santapan hangat bagi para lansia. Tidak hanya memasak, mereka pun menyempatkan diri menyuapi para lansia.

Baca juga:  Lapangan Arga Coka Pegok Ditutup Sementara

Kapolsek Selemadeg Timur, AKP Ni Komang Sri Subakti yang menggagas kegiatan ini mengatakan, kegiatan memasak untuk para lansia di panti jompo ini merupakan salah satu bentuk tanda cinta polwan di hari Kartini. Kegiatan ini tentunya akan dapat memberikan hikmah dan menjadi renungan ke depan akan mengalami hal serupa menjadi tua. Yang tentunya di masa tua hendaknya menjadi masa bahagia.

“Sebelumnya kami juga mengadakan pelatihan pengolahan berbahan ikan patin. Mengajak para ibu-ibu mengembangkan ilmu dan pengetahuan untuk menjadi bekal meningkatkan ekonomi keluarga di masa pandemi,” terangnya.

Baca juga:  Lansia Hilang Seharian, Ditemukan Tewas di Dasar Jurang

Hal senada juga dikatakan Pakor Polwan Polres Tabanan, Kompol Ni Ketut Seni Paniyanti. Menurutnya, lewat kegiatan ini minimal polwan selalu bisa memberikan aura positif di tengah-tengah masyarakat, khususnya bentuk perhatian dan kepedulian terhadap lansia di panti werdha. “Kegiatan kecil ini paling tidak bisa menunjukkan niat tulus kami untuk bisa memberikan kebahagian dan aura positif pada para lansia di sini,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Bhayangkari Cabang Tabanan Nyonya Ria Ranefli mengaku sangat terharu bisa diberikan kesempatan untuk memberikan kebahagiaan bagi para orang tua yang kini tinggal di panti wreda. “Ini sebagai wujud syukur, dan sangat bahagia sekali telah diberi kesempatan untuk memberikan masa-masa bahagia pada mereka (lansia) dengan kegiatan yang sangat kecil sekali bentuknya namun artinya yang sangat luar biasa bagi para orang tua di panti, karena mereka sudah jauh dari keluarga. Minimal keberadaan kami bisa sedikit menghibur kesepian mereka,” ucapnya.

Baca juga:  Dilaporkan Hilang, Lansia Ditemukan di Tebing Sungai

Sekretaris Dinas Sosial Tabanan Ni Made Murjani mengatakan kegiatan ini sangat luar biasa karena memang sangat dibutuhkan oleh para lansia di panti jompo. “Ini sangat luar biasa sekali bagi kami, dimana para orang tua di panti bisa mendapat perhatian dari pihak luar. Kalau sudah ada yang menengok seperti saat ini mereka tentu lebih bahagia dan bisa beradaptasi dengan dunia luar dan mereka akan merasa berguna,” terangnya.

Tidak hanya memasak, kegiatan juga diisi dengan pemberian bingkisan baik pada lansia maupun ODGJ yang ada di panti. Termasuk, pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter Polres Tabanan. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN