Logo ASEAN. (BP/wikipedia)

JAKARTA, BALIPOST.com – Konferensi tingkat tinggi (KTT) khusus antara para pemimpin negara Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Amerika Serikat akan berlangsung di Washington D.C. Rencananya, pertemuan dilangsungkan pada 12-13 Mei 2022.

“Para pemimpin ASEAN dan Presiden AS Joe Biden akan bertemu dalam rangka KTT Khusus ASEAN dan AS tanggal 12-13 Mei 2022 di Washington D.C., kata Kementerian Luar Negeri RI, Senin (18/4), dikutip dari Kantor Berita Antara.

Baca juga:  KTT ASEAN 2023 akan Bahas 8 Agenda

Pertemuan itu, menurut Kemenlu RI, akan membahas tentang penanganan pandemi, kerja sama kesehatan, pendidikan, percepatan pemulihan ekonomi dan berbagai tantangan geopolitik di tingkat kawasan dan global.

KTT Khusus ASEAN dan Amerika Serikat itu akan menjadi pertemuan fisik pertama antara pemimpin negara-negara anggota ASEAN dan Presiden AS sejak 2017.

Sebelumnya, Presiden Biden hadir pada KTT ASEAN–AS ke-9 pada 26 Oktober 2021 secara virtual.

Baca juga:  Nasional Catatkan Kasus COVID-19 Baru di Bawah 8.000

Amerika Serikat merupakan mitra strategis ASEAN.

“KTT Khusus kali ini, yang sekaligus menjadi perayaan 45 tahun kemitraan ASEAN–AS, merupakan momentum untuk memperkuat kemitraan tersebut,” kata Kemenlu RI dalam keterangannya.

Berdasarkan data Sekretariat ASEAN, Amerika Serikat merupakan mitra dagang kedua terbesar ASEAN setelah China. Selain itu, AS adalah sumber investasi utama ke ASEAN dengan nilai investasi mencapai 35 miliar dolar AS (Rp 502,83 triliun) pada 2020.

Baca juga:  Masih Berpolemik, DPRD Nyatakan Dukungan Revitalisasi Pasar Umum Gianyar

Indonesia saat ini menjadi koordinator hubungan ASEAN dan Amerika Serikat. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *