Presiden Jokowi dan Ibu Iriana bertolak ke Washington DC, Selasa (10/05/2022), dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (BP/Dokumen BPMI Setpres)

JAKARTA, BALIPOST.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (10/5) pagi memulai lawatannya ke Washington DC, Amerika Serikat. Presiden akan mengikuti rangkaian pertemuan ASEAN-US Special Summit (KTT Khusus ASEAN-AS) yang berlangsung selama dua hari.

Presiden akan kembali dari Washington, AS setelah rangkaian pertemuan selesai pada 13 Mei 2022, dan dijadwalkan tiba di Tanah Air pada Minggu, 15 Mei 2022. “Adapun rangkaian yang akan saya hadiri, antara lain pertemuan dengan anggota kongres, pertemuan dengan para CEO besar dari Amerika (Serikat), dan juga pertemuan dengan Wapres Harris (Kamala Harris, Red) dan tim perubahan iklim Amerika Serikat,” kata Jokowi, dikutip dari Kantor Berita Antara, sebelum keberangkatan ke Washington, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Baca juga:  Presiden Ingatkan Waspadai infiltrasi Ideologi Mengganti Pancasila

Selain itu, tentunya dalam KTT tersebut, Presiden Jokowi akan menghadiri pertemuan tingkat tinggi pemimpin ASEAN dan Presiden AS Joe Biden.

Saat ini, kata Presiden, Indonesia menjadi koordinator kemitraan ASEAN-AS periode 2021-2024.

Indonesia mengharapkan KTT Khusus ASEAN-AS ini akan menghasilkan kerja sama yang dapat berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan. “Dengan ASEAN Outlook On the IndoPacific, ASEAN siap bersinergi dengan seluruh negara mitra ASEAN termasuk AS dalam mengembangkan kerja sama yang konkret, inklusif dan saling menguntungkan. Kita memiliki tanggung jawab menjadikan Indo-Pacific sebagai kawasan yang damai, stabil dan sejahtera,” ujar Presiden. (kmb/balipost)

Baca juga:  Jokowi dan Elon Musk Diskusikan Proyek Masa Depan
BAGIKAN