Kader PDIP saat hadir dalam kegiatan DPC PDIP Klungkung di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya. (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Program Gubernur Bali melalui visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali teraplikasi dengan baik di Kabupaten Klungkung. Program ini diimplementasikan DPC PDIP Klungkung melalui aneka lomba, seperti lomba kuliner pendamping beras, lomba mixologi, lomba barista Kopi Bali. Lomba berlangsung, Minggu (17/4) di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya. Ini juga memperkuat ajaran Tri Sakti Bung Karno.

Ketua DPC PDIP Klungkung A.A Gde Anom, menyampaikan lomba tersebut merupakan wujud nyata penerapan ajaran Tri Sakti Bung Karno, terutama berdikari secara ekonomi dan berkepribadian secara kebudayaan. Yakni bersama-sama membangun ekonomi lokal, pemberdayaan pelaku UMKM, industri kreatif, melestarikan kebudayaan dan menguatkan kearifan lokal.

Baca juga:  BPD Bali Deklarasi SimPel Day akan Diramaikan Lomba Anak Kreatif

Anom menyebut lomba kuliner pendamping beras dinilai merupakan kegiatan strategis. Sebab, dengan membudayakan makanan yang terbuat dari non beras seperti jagung, ketela, ubi, talas, kentang, dianggap ikut mendukung sekaligus memperkuat produk pertanian lokal dan mendukung program pemerintah memperkuat ketahanan pangan.

Dia menambahkan, lomba-lomba ini dirangkaikan dengan perayaan HUT PDIP ke-49. Berbagai lomba ini disambut antusias, diikuti peserta lomba mixiologi Arak Bali 9 orang, peserta barista Kopi Bali 9 orang dan lomba kuliner pendamping beras sebanyak 8 tim. “Mereka itu berasal dari masyarakat umum dan pelaku UMKM. Kegiatan juga diisi pasar rakyat,” terang A.A Gde Anom.

Baca juga:  Terkonfirmasi COVID-19, Jenazah Sutena Langsung Dikremasi dengan Prokes Ketat

Pengurus daerah dan cabang dari PDIP juga kompak hadir. Seperti Pengurus DPD PDIP Bali Made Sumiati serta kader PDIP I Wayan Tagel Winarta yang juga ketua DPRD Kabupaten Gianyar. Kegiatan juga dihadiri oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang juga kader anyar PDIP.

Anom menambahkan, arah kebijakan dan program Gubernur Bali Wayan Koster melalui visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, pelaksanaannya makin mantap di Klungkung. Dukungan diberikan oleh banyak komponen, mulai dari partai politik, swasta, masyarakat adat, serta tokoh masyarakat lainnya. Seluruh komponen masyarakat memberikan respons positif sekaligus menguatkan gerakan ini sebagai visi bersama dalam pembangunan.

Baca juga:  Nonton Motocross, Kriting Curi HP

“DPC PDIP Klungkung dalam banyak kegiatan, materi kegiatan senantiasa menjabarkan Nangun Sat Kerthi Loka Bali, dimana visi itu dicetuskan oleh Gubernur Wayan Koster yang juga kader PDIP,” tegasnya.

Ketua Panitia sekaligus Koordinator HUT ke-49 PDIP di Klungkung Anak Agung Gde Utama Indra Prayoga, menambahkan, lomba-lomba ini juga dimaksudkan untuk menggairahkan para penghobi kuliner berkreasi menampilkan menu dan olahan terbuat dari non beras. “Harapan kami juga, dapat membangkitkan UMKM di Kabupaten Klungkung,” tandas Anak Agung Gde Utama Indra Prayoga. (Bagiarta/balipost)

BAGIKAN