Suasana Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Sumatera Barat. (BP/Dokumen BRI)

JAKARTA, BALIPOST.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus mendorong kemajuan dan pengembangan kapasitas UMKM Indonesia untuk dapat berkompetisi di dalam dan luar negeri. Upaya tersebut salah satunya ditunjukkan melalui dukungan event Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Sumatera Barat yang digelar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dalam event ini, BRI bertindak sebagai Top Brands yang mendukung penuh akselerasi transformasi digital UMKM, dengan mengusung semangat bangga produk lokal dan mendorong nation branding produk lokal unggulan. Acara yang mengusung tema UMKM Bangkit, Ekonomi Tumbuh Maju Berkah Basamo UMKM Sumatera Barat” ini dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Maruf Amin, didampingi oleh Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah dan dihadiri secara online oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di plataran Jam Gadang, Kota Bukittinggi.

Baca juga:  Dorong Kebangkitan Ekonomi dengan Perdagangan Internasional, BRI Gelar Hedging School 2021

Terkait hal ini, Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto mengatakan, BRI bertindak sebagai kurator untuk memastikan perizinan dan kualitas produk UMKM. Sudah menjadi komitmen BRI untuk terus mendorong kemajuan dan pengembangan kapasitas serta kualitas dari UMKM Indonesia.

Diharapkan produk-produk lokal tersebut dapat berkompetisi di dalam dan luar negeri, kata Amam. Menurut Amam, UMKM Indonesia memiliki keunikan dan kontinuitas yang terus terjaga sehingga tak kalah bersaing dengan produk global.

Baca juga:  Apresiasi dengan BritAma FSTVL, Nasabah Tabungan BRI Tumbuh 166,32 Persen

Adapun peserta yang mendaftar untuk mengikuti kurasi acara ini berasal dari UMKM binaan BRI, OJK, Bank Indonesia (BI), Bank Nagari, Pemerintahan Daerah, serta Pemerintah Kota setempat. Total jumlah pendaftar mencapai sebanyak 332 UMKM yang berasal dari 10 Kota/Kabupaten dengan lima kategori produk, yaitu home décor & craft, food & beverage, accessories & beauty, fashion, dan agrobisnis.

Tak hanya itu, dalam rangka mendukung Gernas BBI Sumbar, BRI juga berkomitmen untuk meningkatkan literasi UMKM melalui podcast dan talkshow yang dilaksanakan sepanjang April-Mei 2022. Diharapkan dengan upaya ini, UMKM Sumbar dapat naik kelas.
“BRI akan memberikan bimbingan yang berkelanjutan untuk menjangkau pasar yang lebih luas bagi UMKM. Pelatihan ini ditujukan agar pelaku usaha dapat mencapai standar produk nasional dan internasional, tambah Amam. BRI pun memfasilitasi pelatihan tersebut melalui Rumah BUMN BRI yang berada di Rumah BUMN Bukittinggi dan Padang Panjang. (Adv/balipost)

Baca juga:  Buka Usaha Wisata Alam, Pria Ini Sukses Sediakan Lapangan Kerja untuk Naker Lokal
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *