Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva dalam bincang-bincang bersama ANTARA, Jakarta, Jumat (18/2/2022). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Presiden Vladimir Putin berniat datang ke konferensi tingkat tinggi (KTT) Group of 20 (G20), yang presidensinya dipegang Indonesia untuk periode 2022. Hal itu dikatakan Duta Besar Rusia, untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva.

Dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Rabu (23/3), Vorobieva mengatakan, kehadiran Putin mungkin akan ditentukan oleh berbagai hal, namun hingga saat ini, Presiden Rusia itu berniat untuk menghadiri KTT G20 yang digelar di Bali. “(Kehadiran Putin) Akan ditentukan oleh banyak hal, termasuk situasi COVID yang saat ini kian membaik. Namun, ya, hingga saat ini (Putin) ingin hadir,” ujarnya, dikutip dari kantor berita Antara.

Baca juga:  Putin Klaim Ekonomi Rusia Berkembang Dengan Model Baru

Pernyataan tersebut dilontarkan saat sejumlah negara anggota G20, termasuk Amerika Serikat dan negara-negara Barat sekutunya menyerukan agar Rusia tak lagi diikutkan dalam keanggotaan G20 terkait operasi militer yang dilakukan di Ukraina.

Menurut Dubes Rusia itu, langkah tersebut akan menjadi kemunduran bagi G20, yang dibentuk untuk merespons situasi dan tantangan ekonomi dunia. “Tentunya jika Rusia dikeluarkan dari forum semacam ini, langkah itu tak akan memperbaiki, tak membantu perbaikan situasi ekonomi, bahkan sebaliknya tanpa Rusia ini akan sulit,” ujarnya.

Baca juga:  Warga Mudik, Polisi Patroli ke Wilayah Rawan

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa sejauh ini Rusia telah mengikuti berbagai pertemuan dalam rangkaian G20, baik yang diselenggarakan secara daring maupun luring. “Kami mendukung presidensi Indonesia di G20, beserta prioritas dan slogan Recover Together, Recover Stronger. Kami sangat berharap agar Indonesia tidak menyerah terhadap tekanan yang diberikan, tak hanya terhadap Indonesia namun juga berbagai negara di dunia oleh Barat,” kata Vorobieva. (kmb/balipost)

Baca juga:  Perbaikan Jaringan PLN, RSUP Sanglah Tunda Puluhan Operasi
BAGIKAN