Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon memberi keterangan kepada media usai menghadiri pertemuan ASEAN+3 pada Sidang Ke-144 IPU di BICC Nusa Dua, Bali, Minggu (20/3/2022). (BP/Ant)

NUSA DUA, BALIPOST.com – Sidang Ke-144 IPU di BICC Nusa Dua, Bali, Minggu (20/3), mengusulkan pembentukan komite ad hoc untuk mediasi Rusia dan Ukraina yang saat ini tengah berkonflik. Hal itu disampaikan delegasi Indonesia pada pertemuan ASEAN+3.

Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR Republik Indonesia Fadli Zon berharap usulan itu yang telah disepakati dalam pertemuan ASEAN+3 dapat dibawa ke forum yang lebih luas, Asian Pacific Group (APG). “Komite ad hoc (yang bertugas) untuk bicara ke dua parlemen, Rusia dan Ukraina. Itu yang kami usulkan,” kata Fadli Zon saat ditemui usai menghadiri pertemuan ASEAN+3, dikutip dari kantor berita Antara.

Baca juga:  Kapal Produksi Banyuwangi Digunakan Militer Rusia

Keberpihakan pada satu pihak, sebagaimana ditunjukkan oleh banyak delegasi dari Eropa, tidak dapat meredam konflik dan menyelesaikan masalah.

Menurut dia, konflik hanya dapat berakhir jika jalur dialog antara dua pihak mulai terbuka. “Kami berharap parlemen punya peran menjembatani dan mencari solusi dari konflik ini, bukan sekadar melakukan attack (menyerang) salah satu pihak, karena itu tidak menyelesaikan masalah,” tutur Ketua BKSAP DPR RI.

Baca juga:  Puncak Panen Raya Cukupi Stok Beras Indonesia

Dalam kesempatan yang sama, ia menyampaikan Indonesia telah diutus oleh forum ASEAN+3 untuk membawa usulan itu ke pertemuan Asian Pacific Group yang diadakan di BICC hari ini.

Forum APG, yang akan dipimpin oleh delegasi dari Vietnam, juga merupakan acara sampingan dari Sidang Ke-144 IPU. Meskipun Sidang ke-144 IPU menyoroti konflik Rusia dan Ukraina, delegasi dari dua negara itu tidak hadir.

Baca juga:  Pekan Depan, Indonesia Mulai Kirim Bantuan ke Palestina-Sudan

Walaupun demikian, IPU tetap berkomitmen membahas masalah itu dan mencari resolusi yang dapat menghentikan invasi dan mendesak dua pihak gencatan senjata, kata Presiden IPU Duarte Pacheco di Nusa Dua, Bali, Sabtu (19/3).

Indonesia untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah sidang tahunan IPU. Sidang Ke-144 IPU pada tahun ini digelar di Bali International Convention Centre (BICC) Nusa Dua, pada 20–24 Maret 2022. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *