Pembalap IDEMITSU Honda Team Asia Somkiat Chantra (kiri) melaju paling depan dengan diikuti sejumlah pembalap lainnya saat balapan Moto2 seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). (BP/Antara)

LOMBOK, BALIPOST.com – Dua jam ditunda, motoGP yang telah 25 tahun tak berlangsung di Indonesia akhirnya pada Minggu (20/3) sekitar pukul 16.15 WITA digelar. Sebelumnya, hujan lebat mengguyur Sirkuit Pertamina Mandalika di Lombok, NTB pada Minggu (20/3) yang mengakibatkan penundaan start balap MotoGP Grand Prix of Indonesia tertunda.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, gerimis mulai turun di akhir balap Moto2 dan semakin lebat menuju pukul 15:00 WITA, jadwal semula start GP Indonesia. Race director memutuskan untuk menunda start dan Safety Car mengelilingi sirkuit untuk memeriksa kondisi lintasan di tengah hujan deras.

Pit lane semula akan dibuka kembali pukul 15:55 namun panitia kembali menunda start untuk waktu yang belum ditentukan. Para pebalap sudah mengantisipasi cuaca yang tidak diprediksi di Mandalika dan kondisi serupa pernah dialami sirkuit di Lombok itu ketika menggelar balapan penutup musim WorldSBK pada November lalu.

Baca juga:  Empat Pasien Positif COVID-19 di Buleleng Sembuh, Dua Diantaranya Pedagang Pasar Bondalem

Race1 yang sedianya digelar Sabtu harus diundur ke Minggu karena hujan lebat. Start Race2 pada sore hari juga sempat tertunda karena hujan turun sekitar pukul 15:00 setempat.

Fabio Quartararo mengklaim pole position dengan catatan 1:31,067 dibayangi oleh duet tim Pramac Racing, Jorge Martin dan Johann Zarco yang melengkapi baris terdepan.

Brad Binder (KTM), juara GP Qatar Enea Bastianini (Gresini) akan mengawali balapan seri kedua di kalender itu dari baris kedua dibarengi Francesco Bagnaia (Ducati), yang harus melewati Q1 terlebih dahulu.

Baca juga:  Sasar UKM, XL Luncurkan Paket BIZ

Bastianini sementara ini memegang kendali klasemen pebalap berkat kemenangan perdananya di MotoGP saat merebut podium teratas di Qatar.

Bastianini dengan motor Ducati GP21 terbukti menjadi salah satu ancaman serius para rival setelah start musim yang menjanjikan.

Brad Binder meraih podium di Qatar untuk pertama kalinya juga bagi KTM di Lusail setelah finis P2 di depan Pol Espargaro yang mengantongi motivasi tinggi menyusul performa apiknya dengan motor Honda RC213V sejak awal musim.

Baca juga:  Kabupaten Nias Barat Rasakan Gempa Bumi

Sementara itu, pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez dinyatakan tidak fit untuk menjalani balap menyusul kecelakaan yang ia alami pada sesi pemanasan, Minggu pagi.

Marquez mengalami highside hingga terpelanting dari motornya di Tikungan 7. Motor RC213V sang pebalap pun mengalami rusak parah akibat benturan dalam kecepatan yang cukup tinggi di tikungan yang mengalir itu.

“Marquez akan kembali ke Barcelona untuk pemeriksaan lebih lanjut.”

Marquez sebelumnya juga dua kali mengalami kecelakaan saat sesi kualifikasi pertama (Q1) saat ia berupaya mendorong motornya demi mendapatkan lap terbaik. (kmb/balipost)

BAGIKAN