Sejumlah warga berjalan di depan kedai Starbucks di Jalan Lambton Quay di Wellington, Selandia, Baru, 23/7/2020 saat pandemi melanda. (BP/Dokumen Antara)

WELLINGTON, BALIPOST.com – Pemerintah Selandia Baru akan membuka perbatasannya untuk beberapa pengunjung lebih awal dari perkiraan sebelumnya. Hal ini dengan harapan kedatangan wisatawan akan meningkatkan perekonomian negara itu.

Warga Australia yang telah divaksin dapat melakukan perjalanan ke Selandia Baru mulai 12 April 2022. Kemudian mulai 1 Mei, wisatawan dari negara-negara bebas visa, seperti Amerika Serikat dan Inggris, akan dapat berkunjung ke Selandia Baru, kata Perdana Menteri Jacinda Ardern pada konferensi pers, dikutip dari kantor berita Antara, Rabu (16/3).

Baca juga:  Ribuan PMI Dikarantina di Rusun Nagrak

Perbatasan Selandia Baru sebelumnya diperkirakan tidak akan dibuka kembali sepenuhnya hingga Oktober bila mengikuti rencana saat ini, tetapi PM Ardern mengatakan pembukaan lebih awal dapat diajukan.

Semua pengunjung harus sudah divaksin dan memberikan hasil tes COVID-19 negatif sebelum keberangkatan, dan para pengunjung akan dites kembali pada saat kedatangan dan kemudian pada hari keenam mereka berada di Selandia Baru, kata Ardern.

Baca juga:  Merupakan Kebutuhan Vital, TNI-Polri Bangun Ini di Jeringo

Namun, para pengunjung ke Selandia Baru tidak perlu mengisolasi diri. “Menutup perbatasan adalah salah satu tindakan pertama yang kami ambil lebih dari dua tahun lalu untuk menghentikan COVID-19, dan pembukaan kembali perbatasan akan memacu pemulihan ekonomi kami sepanjang sisa tahun ini,” ujar Ardern.

CEO maskapai Air New Zealand Greg Foran mengatakan langkah pembukaan perbatasan itu akan membantu operator pariwisata “kembali melakukan yang terbaik untuk menyambut pengunjung internasional”. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  Pukul Anggota Keluarga, ODGJ Diamankan

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *