Polres Bangli menggelar apel kesiapan pengamanan Selasa (15/3) jelang Pujawali di Pura Ulun Danu Batur, Bangli. (BP/Istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Jelang Karya Pujawali Ngusaba Kedasa di Pura Ulun Danu Batur, Kintamani, Polres Bangli menggelar apel kesiapan pengamanan Selasa (15/3). Apel diikuti personil dari TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan pecalang se-Desa Adat Batur.

Dalam arahannya, Kapolres Bangli AKBP I Dewa Agung Roy Marantika menegaskan kepada seluruh personel pengamanan agar melakukan tugas sebaik mungkin, secara professional, proporsional dan mempedomani SOP yang berlaku. “Tingkatkan koordinasi dan komunikasi dalam melaksanakan pengaturan lalulintas serta tetap jaga kesehatan dalam melaksanakan tugas,” tegasnya.

Disampaikan bahwa dalam pelaksanaan pengamanan karya kali ini, Polres Bangli telah menyiapkan 13 Pos Pengamanan. Pihaknya mengharapkan seluruh masyarakat agar mengikuti arahan petugas di lapangan untuk menghindari terjadinya kemacetan.

Baca juga:  Pengamanan Ketat Masih Diberlakukan, Aparat Bersenjata Laras Panjang dan Rompi Antipeluru Bersiaga

Puncak karya di Pura Ulun Danu Batur dijadwalkan berlangsung pada Kamis (17/3) bertepatan dengan Purnama Kedasa. Sesuai dudonan karya, rangkaian karya pujawali sudah dimulai sejak Rabu (2/3) dengan upacara ngawitin nanceb rompok, ngeker dewasa, nanceb sunari, mapengalang, ngingsah, netegang, nyuci dan nunas tirta lan nunaas beras catur.

Dilajutkan dengan Wali Ring Pura Guna Lali/Pura Kodo pada Minggu (13/3) dan Wali Ring Merajan Agung Dalem Bukitan lan Dalem Bukutan pada Selasa (15/3). Sehari kemudian dilaksanakan beberapa upacara diantaranya bhakti mainoman, Ida Bhatara-bhatari katuran bakti pengodal, dan mapepada wewalungan.

Baca juga:  Amankan Dua Pintu Masuk Bali, Polres Karangasem Tambah Personil

Pada Kamis (17/3) bertepatan dengan purnama kedasa dilangsungkan puncak karya. Puncak karya diawali dengan prosesi Upacara Mapepada Agung.
Kemudian pada Jumat (18/3) dilaksanakan upacara Wayon Ageng dan Pepada Penek.

Dilanjutkan dengan upacara Wayon Alit, Bhakti Maider Gita dan Bhakti Penebeng/maican-ican, dan Bhakti Ngabuangin pada Sabtu (19/3). Kemudian dari Minggu (20/3) hingga Senin (28/3) dilaksanakan upacara Bhakti Penganyar.

Upacara Penyineban dilaksanakan pada Selasa (29/3), diawali dengan Upacara Bhakti Pepranian, Baris Perang-perangan, Bhakti Patingkeb, Nuek Bagia Pulakerti, Meralina Sampian, dan Mendem Bagia Pula Kerti. Sehari kemudian dilaksanakan prosesi lunga ke Pura Dalem Balingkang. Dilanjutkan bhakti petetami, ngantukang Ida Bhatara Bhatari Lingsir mewali ring jagat jambu dwipa pada Jumat (1/4).

Baca juga:  Dari Ini Hasil Sementara Hitung Cepat Dana-Dipa Lawan Massker hingga Cek Perolehan Suara, PDIP Bali Siapkan Ini

Pangemong Pura Ulun Danu Batur Jero Gede Batur Duhuran mengimbau pemedek yang tangkil agar menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Pihak panitia karya telah menyiapkan sarana protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan serta pengaturan tempat sembahyang dengan memberikan tanda supaya pemedek tetap jaga jarak. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN