Proses nedunang pralingga ida bhatara di Pura Penataran Agung Besakih, Senin (14/3). (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pelaksanaan upacara melasti pralingga Ida Bhatara di Pura Agung Besakih serangkaian Upacara Tawur Tabuh Gentuh dan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih 2022 akan dilaksanakan ke Tegal Suci, Banjar Dinas Tegenan, Desa Menanga, Rendang, Karangasem, pada Selasa (15/3) hari ini. Upacara melasti sendiri akan dilaksanakan secara estafet mengingat saat ini pandemi covid-19 masih melanda.

Ketua Panitia Karya, Jro Mangku Widiartha, Senin (14/3) mengungkapkan, untuk pelaksanan upacara ida bhatara melasti ke Tegal Suci dilaksanakan Selasa. Kata dia, sebelum Ida Bhatara melasti, lebih dulu diawali dengan upacara nedunang pralingga Ida Bhatara. “Untuk upacara nedunang pralingga ida bhatara bakal dilaksanakan sore pukul 15.00 WITA. Sebelum nendunang, lebih dulu dilaksanakan upacara nuwur tirta pukul 08.00 WITA,” ucapnya.

Baca juga:  Soal SE Gubernur Timbulkan "Cancel" Wisatawan ke Bali, Ini Kata PHRI Badung

Widiartha, menambahkan, tujuan dari nedunang Ida Bhatara ini sebagai simbol bahwa Ida Bhatara sudah semuanya turun atau berkumpul di pesamuan. Itu juga bisa diartikan ada sebuah pertemuan untuk kelanjutan prosesi masucian ke Tegal Suci. “Upacara nedunang pralingga Ida Bhatara nantinya bakal di puput oleh pemangku pengemong masing-masing,” Katanya.

Dia menjelaskan, dalam upacara melasti nantinya bakal diikuti oleh karma di desa adat Besakih dan Desa Adat Pragunung atau desa penyangga. Menurutnya, acara mulai dari Pura Agung Besakih menuju Tegal Suci sekitar pukul 10.00 WITA. “Krama yang mundut Ida Bhatara dilakukan secara bergiliran sesuai jadwal yang diperoleh masing-masing pedarmaan. Nanti ada krama khusus mundut saat menuju Tegal Suci dan saat mewali atau kembali ke Besakih dari Tegal Suci. Itu dilakukan mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi covid-19,” jelas Widiartha. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Ular Cobra Gegerkan Warga Perangsari Tengah
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *