Petugas berada di area Terminal Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Rabu (13/10/2021). (BP/Dokumen)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pada Senin (7/3), uji coba penerapan tanpa karantina bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dan pemberlakukan Visa On Arrival (VOA) mulai berlaku di Bali seperti yang diutarakan Gubernur Bali, Wayan Koster usai rapat koordinasi dengan pemerintah pusat. Berkaitan dengan itu, pihak AP 1 bandara Ngurah Rai pun telah menyiapkan sejumlah fasilitas agar pelaksanaan uji coba berjalan lancar.

Menurut Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Taufan Yudhistira, pihaknya sudah menyiapkan alur dan konter untuk VOA. Untuk alurnya, di Bandara Ngurah Rai telah disiapkan sebanyak 4 alur dengan 8 konter.

Baca juga:  Bupati Gianyar Yakinkan Instruksi Peniadaan Pungutan PPDB "Tak Ompong"

VOA ini dilakukan setelah penumpang melakukan pengambilan sampel Swab PCR dan sebelum mereka menuju ke konyer imigrasi. “Fasilitas untuk VOA sudah kami siapkan.
Begitu mereka usai Swab PCR, mereka langsung melakukan VOA, setelahnya baru melakukan pemeriksaan imigrasi,” kata Taufan, Senin (7/3).

Untuk alur pengurusan VOA, di kedatangan ada penambahan alur. Sepeti sebelumnya ketika mereka landing, melakukan pengecekan suhu tubuh, melakukan entri sistem, pengecekan dokumen oleh KKP, Pengamnbilan sampel Swab PCR. Karena sudah diberlakukan VOA, setelah pengurusan visa baru mereka melakukan pengurusan imigrasi, pengambilan bagasi pemeriksan oleh bea cukai, dilanjutkan melakukan konfirmasi booking hotel di meja yang telah disiapkan. “Dari sana ketika sudah selesai mereka akan mendapat gelang dan menuju exite point lanjut menuju transportasi yang akan membawa mereka ke hotel yang telah mereka booking,” bebernya.

Baca juga:  Tertinggi dalam 3 Bulan, Korban Jiwa COVID-19 Nasional Capai Puluhan Orang

Sementara untuk karantina, memang sudah tidak diberlakukan lagi. Itu nantinya akan berlaku setelah keluar dari bandara, yakni di hotel-hotel yang telah ditentukan pemerintah sebagai lokasi hotel Bubble.

Untuk kedatangan penerbangan internasional, pada Senin ini, ada maskapai Singapore Airlines yang datang pukul 11.50 WITA, kemudian ada maskapai Scoot Tiger sekitar pukul 18.05 WITA. Untuk rutenya sama dari Singapura-Denpasar dan Denpasar-Singapura.

Singapore Airlines rencananya akan membawa sebanyak 220 penumpang. Sedangkan Scoot Tiger itu masih standby karena belum mendapat informai idari maskapai maupun ground handling.

Baca juga:  Vaksinasi Dosis Ketiga Sasar Ribuan Nakes di RSUP Sanglah

Sementara itu, Singapore Airlines juga akan mengangkut sekitar 90 penumpang untuk rute Denpasar-Singapura. Sedangkan untuk Scoot Tiger masih belum ada informasi. (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *