Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Josep Borrell (kanan) dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen berbicara di depan media setelah Rusia melancarkan operasi militer besar-besaran terhadap Ukraina, di Brussel, Belgia, 27 Februari 2022. (BP/Antara)

BRUSSELS, BALIPOST.com – Uni Eropa (EU) akan memperberat sanksi terhadap Rusia. Selain itu, EU juga membidik negara sekutu Rusia, Belarus.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, EU menyatakan akan mendanai pengadaan senjata bagi Ukraina untuk membantu melawan invasi Rusia. “Untuk pertama kalinya, Uni Eropa akan mendanai pembelian dan pengiriman senjata serta peralatan lain untuk sebuah negara yang sedang digempur,” kata Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, Minggu (27/2).

EU akan menutup wilayah udara mereka bagi pesawat Rusia, termasuk jet pribadi oligarki Rusia, kata dia.

Baca juga:  Mulai 29 Juli, Nakes akan Divaksinasi Booster Kedua

Blok ekonomi dan politik Eropa itu juga akan melarang jaringan stasiun TV pemerintah Rusia, Russia Today, dan kantor berita Sputnik.

Menurut Von der Leyen, larangan itu bertujuan untuk mencegah Rusia “menyebarkan kebohongan yang membenarkan perang Putin dan menabur perpecahan di Uni (Eropa) kami.”

Rusia menyebut aksinya di Ukraina sebagai “operasi khusus”, yang katanya tidak dirancang untuk menduduki wilayah. Namun untuk menghancurkan kemampuan militer negara tetangganya itu dan untuk menangkap mereka yang dianggap sebagai nasionalis berbahaya.

Baca juga:  Sambut Lebaran dan Mudik, Pemerintah Atur 4 Aspek Ini

Terhadap Belarus, EU akan memberlakukan larangan produk impor, mulai dari bahan bakar mineral hingga tembakau, kayu dan balok, semen, besi dan baja.

Langkah ini menambah deretan sanksi terhadap Rusia yang telah diumumkan sebelumnya, seperti di sektor energi dan pengecualian sejumlah bank Rusia dari sistem pembayaran SWIFT yang mendominasi pasar global.

Selain itu, EU juga akan mendanai pembelian dan pengiriman senjata serta peralatan lain ke Ukraina.

Baca juga:  Pertarungan Kursi DPD RI, Rai Mantra Masih Teratas

“Satu tabu lain dipatahkan. Tabu bahwa Uni Eropa tidak menyediakan senjata dalam perang,” kata kepala kebijakan luar negeri EU Josep Borrell lewat pernyataan sebelum pertemuan para menteri luar negeri EU.

Blok itu berencana menganggarkan 450 juta euro (sekitar Rp7,2 triliun) untuk persenjataan Ukraina, kata seorang sumber di Komisi Eropa kepada Reuters, dan tambahan 50 juta euro (sekitar Rp801 miliar) untuk logistik seperti persediaan medis. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *