Bencana pohon tumbang yang terjadi di Banjar Dinas Daya, Desa Ban, Kecamatan Kubu, Jumat (25/2). Akibat kejadian tersebut, akses lalulintas di lokasi tersebut sempat terganggu beberapa jam. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Hujan deras disertai dengan angin kencang yang melanda Karangasem memicu bencana pohon tumbang yang berlokasi di Banjar Dinas Daya, Desa Ban, Kecamatan Kubu, Jumat (25/2). Akibat kejadian tersebut, akses lalulintas di lokasi tersebut sempat terganggu beberapa jam.

Kalak BPBD Karangasem, IB Ketut Arimbawa, mengungkapkan, bencana pohon tumbang yang menimpa badan jalan tersebut terjadi sekitar pukul 06.00 WITA. Menerima laporan itu dari Perbekel Desa Ban, pihaknya langsung menerjunkan sejumlah petugas ke lokasi untuk melakukan penanganan atau assesment. “Pohon tumbang akibat diterpa angin kencang,” ucapnya.

Baca juga:  Komunikasikan Jembatan Budaya dan Jejaring, Ida Rsi Putra Manuaba Kunjungi India

Arimbawa menambahkan, akibat kejadian tersebut membuat akses lalulintas di lokasi sempat terganggu beberapa jam. Pasalnya, pohon tumbang berukuran besar menimpa seluruh badan jalan. “Akses lalulintas empat mengalami kemacetan cukup lama. Tapi, kini akses lalulintas sudah normal,” katanya.

Dia menjelaskan, kalau pihaknya sedikit kesulitan mengevakuasi pohon. Pasalnya, pohon yang tumbang cukup besar.

Untuk penanganan tersebut, pihaknya dibantu dengan alat berat jenis Loader dari PUPR Provinsi, sehingga mempermudah memindahkan batang pohon yang sudah dipotong. “Penanganan evakuasi pohon kurang lebih berlangsung selama 3 jam,” tandasnya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Pohon Pule Raksasa Timpa Pura Prajapati
BAGIKAN