Lantik- Bupati Karangasem I Gede Dana saat melantik ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama dan Pejabat Administrasi serta Fungsional di Wantilan Kantor Bupati Karangasem, pada Selasa (15/2). (BP/Ist)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Bupati Karangasem I Gede Dana melantik ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama dan Pejabat Administrasi serta Fungsional di Wantilan Kantor Bupati Karangasem, pada Selasa (15/2). Pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan ini disaksikan oleh Wabup Artha Dipa dan Sekda Sedana Merta.

Gede Dana mengungkapkan, ada sebanyak 2 orang JPT Pratama, 126 Jabatan Administrasi termasuk 9 orang yang dikukuhkan karena mengalami perubahan struktur dan nomenklatur. Kemudiam sebanyak 6 orang Pejabat Fungsional juga diangkat untuk pertama kali dalam jabatan guru.

Hal tersebut sejalan dengan terbitnya rekomendasi hasil uji kompetensi PPT Pratama dari KASN Nomor B-4610/KASN/12/2021. Serta Surat Gubernur Bali Nomor R.10.821/902/MP/BPKASDM tentang pengisian Jabatan Inspektur Daerah dan Inspektur Pembantu, SK Mendagri nomor 821.22-138 tahun 2022 tentang pengangkatan dan pemberhentian Pejabat JPT dan JA pada Disduk Capil Karangasem.

Baca juga:  Denpasar Terancam Jadi Kota Sampah, DLHK Diminta Cari Solusi Komprehensif

Menurut, Gede Dana, hal ini juga disesuaikan dengan instruksi Presiden yang menghendaki adanya perubahan konkrit dalam reformasi birokrasi melalui penyederhanaan birokrasi melalui penggabungan beberapa Perangkat Daerah serta penyetaraan jabatan agar lebih efektif dan efesien.

“Disamping itu, saya juga mengambil kebijakan terkait penyetaraan jabatan yang telah dilaksanakan, dalam upaya penyelarasan sehingga ada kesesuaian antara pengalaman tugas dan atau latar belakang pendidikan dengan jabatan fungsional yang diemban,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Gede Dana juga mengingatkan, pejabat baru yang dilantik untuk terus meningkatkan kemampuan diri dan semangat berprestasi dalam bekerja melayani masyarakat. Serta dapat mengupayakan penyempurnaan dan perbaikan kinerja yang semakin efektif dan efisien, menumbuhkan rasa tanggung jawab dan profesionalisme, berdedikasi yang tinggi, serta penuh loyalitas.

Baca juga:  Baliho Bergambar Wanita Berbikini Tuai Keluhan Warga

“Saya percaya bahwa dengan kemampuan yang Saudara-saudara miliki, tentunya akan relatif mudah bagi Saudara untuk memahami dan menjalankan tugas dalam jabatan masing-masing. Dan pelantikan ini merupakan penyederhanaan birokrasi melalui penyetaraan jabatan struktural ke jabatan fungsional serta penggabungan 7 (tujuh) perangkat daerah,” katanya.

Pejabat asal Datah itu menjelaskan, kalau pihaknya bakal terus memantau dan mengevaluasi proses kerja dan kinerja ASN dalam menjalankan tugas jabatan masing-masing. Hasil evaluasi ini, akan menjadi catatan pimpinan untuk bahan pertimbangan karir ASN selanjutnya. “Selamat menjalankan tugas sesuai jabatan yang diamanahkan dan bekerja dengan tulus, lurus dan fokus untuk membangun Karangasem Era Baru yang Pradnyan, Kertha , Santi dan Nadi,” tutup Gede Dana.

Baca juga:  Percepat Penaganan Dampak Erupsi Semeru, BNPB Kirimkan Logistik Senilai Rp 1 M

Sementara itu, Kepala BPKSDM I Komang Agus Sukasena menjelaskan sesuai keputusan Bupati Karangasem Nomor 129/HK/2022 tanggal 15 Februari 2022 tentang mutasi JPT Pratama di Lingkungan Pemkab Karangasem, beberapa jabatan kosong karena pimpinannya telah memasuki masa pensiun kini telah terisi. Diantaranya, Kepala RSUD kini dijabat oleh dr. I Gede Yuliasena, Kepala Disdukcapil dijabat oleh Drs. Made Kusuma Negara, sedangkan Kepala Inspektur Daerah Kabupaten Karangasem, sebelumnya, Drs. I Wayan Sudarsana sesuai SK kini menjabat Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Karangasem. Bupati Gede Dana Lantik 134 Pejabat, Diantaranya 126 Jabatan Administrasi, 2 JPT Pratama dan 6 Jabatan Fungsional. (Adv/balipost)

BAGIKAN