Duta Kabupaten Bangli menampilkan seni tari Jauk Manis pada Pesta Kesenian Bali (PKB) 2021 di ISI Denpasar. (BP/Dokumen)

BANGLI, BALIPOST.com – Kabupaten Bangli hanya akan ikut empat materi pada Pesta Kesenian Bali (PKB) 2022. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangli I Wayan Sugiarta menyebutkan hal tersebut, Rabu (9/2).

Empat materi yang akan diikuti Bangli yakni Gong kebyar anak, gong kebyar dewasa, keputrian dan wayang calonarang. Terbatasnya anggaran menjadi alasan Pemkab hanya bisa ikut pada empat materi tersebut. “Karena anggaran terbatas, materi yang bergengsi kami utamakan,” ungkap Sugiarta.

Baca juga:  PKB 2022, Denpasar Anggarkan Rp 3,2 Miliar

Disebutkan anggaran yang disiapkan Bangli untuk ikut kegiatan PKB yakni Rp 500 juta. Dana tersebut bersumber dari bantuan keuangan khusus (BKK) Pemerintah Provinsi Bali.

Terkait empat materi yang akan diikuti, Disparbud Bangli telah menunjuk sekaa seni untuk tampil. Sebagaimana yang disampaikan Kabid Kesenian Disparbud Bangli Ni Wayan Budiari, Rabu (9/2).

Untuk materi gong kebyar dewasa, pihaknya telah menunjuk sekaa gong di Kelurahan Kawan, sedangkan gong kebyar anak dari sekaa yang ada di Kecamatan Tembuku. Untuk materi PKB keputrian akan diisi dari PKK Kabupaten Bangli. Sedangkan Wayang Calonarang dari seniman di Tembuku.

Baca juga:  Wajib Suket Rapid Test Untuk Datang ke Kintamani, Polres Bangli Tunggu Rapat Teknis

Kata Budiari, rencananya PKB akan digelar pada Mei. Sekaa yang ditunjuk telah melakukan latihan dan persiapan sejak Februari ini. Namun karena angka kasus covid-19 mengalami lonjakan, sekaa menghentikan kegiatan latihan sementara. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *