Salah satu air cooler milik Kris, Evaporative Air Cooler 1500 Cmh. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Tinggal di negara tropis pasti sudah tidak asing lagi dengan cuaca bersuhu tinggi, yang kerap membuat tubuh menjadi gerah. Untuk membuat ruangan terasa sejuk, tidak hanya bisa memakai kipas angin dan air conditioner (AC), tetapi kamu juga bisa menggunakan air cooler, loh!

Air cooler merupakan alat penyejuk ruangan yang bekerja dengan cara menyemburkan uap air dingin. Uap air ini tidak hanya menyejukkan ruangan, tetapi juga bisa membantu menjaga kelembaban ruangan sehingga tidak kering saat musim panas.

Selain lebih murah dan hemat listrik, air cooler juga bisa jadi alternatif untuk membuat ruangan terasa sejuk secara merata. Umumnya, mesin penyejuk ruangan ini memiliki bentuk kokoh yang bisa berdiri sendiri.

Namun, jangan asal memilih alat satu ini. Nah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, simak beberapa cara memilih air cooler berikut ini.

Baca juga:  Peraih Emas Asian Games Dibonus Liburan ke Banyuwangi

1. Sesuaikan dengan Luas Ruangan

Berbeda dari AC, yang biasanya diletakkan pada dinding rumah, air cooler berbentuk berdiri dan diletakkan di sudut ruangan. Untuk itu, kamu harus menyesuaikan besar air cooler dengan luas ruangan. Jika kamu memiliki ruangan kecil, kamu bisa menggunakan air cooler yang lebih ramping dan tidak memakan banyak tempat.

2. Tentukan Bujet Saat Pilih Air Cooler

Untuk menentukan bujet, kamu harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhan yang diperlukan. Misalnya, kamu memerlukan air cooler untuk kamar gaming yang sempit, maka kamu hanya memerlukan air cooler kecil dengan harga standar dan tidak terlalu mahal. Lain halnya bila kamu ingin menggunakannya di ruangan yang cukup besar, maka kamu harus memakai air cooler dengan ukuran yang lebih besar.

Baca juga:  Berapa Banyak Uang Yang Dibutuhkan Memulai Trading Forex?

3. Gunakan Jenis Air Cooler yang Tepat

Air cooler memiliki dua jenis berbeda, yaitu air cooler portable dan evaporative air cooler. Bila kamu ingin memakai ukuran yang tidak terlalu besar dan mudah dipindah-pindahkan ke mana saja, maka kamu bisa memakai air cooler portable.

Sedangkan evaporative air cooler, biasanya digunakan untuk ruangan yang cukup besar. Umumnya, evaporative air cooler memiliki kapasitas uap air dingin, yang bisa menyebar ke seluruh ruangan. Namun, kamu tidak bisa memindahkan alat satu ini karena ukurannya yang cukup besar.

4. Pilih fitur yang lengkap

Pastikan kamu mengetahui fitur dari air cooler tersebut, seperti timer, speed control, remote control, automatic water level control, hingga temperature. Biasanya, semakin lengkap fitur dari air cooler, maka semakin besar pula keunggulan yang akan kamu rasakan.

Baca juga:  Beri Layanan Terbaik, Bengkel AHASS Kembali Raih SQ Award

5. Tentukan kapasitas air cooler

Kapasitas air cooler juga penting untuk kamu pertimbangkan saat memilih air cooler. Semakin besar kapasitas yang dimiliki, maka jangkauan uap dingin pun akan semakin luas sehingga ruangan terasa sejuk. Pilihlah kapasitas air cooler yang lebih besar daripada ukuran luas ruangan agar terasa sejuk layaknya air conditioner.

Nah, itu tadi beberapa tips memilih air cooler yang bisa kamu jadikan panduan. Bagi kamu yang sedang mencari air cooler yang sesuai kebutuhan, kamu bisa menemukan hanya di ACE Online.

Situs belanja online ini menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga dan elektronik. Mulai dari air cooler, oven, harga slow juicer, dan masih banyak lagi dengan kualitas terbaik, lho. Selamat belanja!

BAGIKAN