Ilustrasi. (BP/Dokumen ruparupa.com)

DENPASAR, BALIPOST.com – Rak dapur adalah salah satu aspek penting yang harus dimiliki pada setiap hunian karena berfungsi untuk menyimpan berbagai peralatan makan dan perlengkapan masak. Namun, seringkali banyak yang melakukan kesalahan dalam memilih rak dapur.

Salah satunya adalah tidak memperhatikan layout atau storage dari rak tersebut. Berikut 5 kesalahan yang sering dilakukan dalam memilih rak dapur:

1. Memilih model yang tidak tepat

Setiap orang pasti ingin memiliki tampilan dapur yang cantik sehingga memilih rak dapur agar terlihat rapi dan menawan. Namun, penampilan rak tersebut juga harus disesuaikan dengan material dan fungsinya saat digunakan di dapur.

Seperti rak khusus untuk menyimpan berbagai peralatan masak yang ukurannya lebih besar daripada rak lainnya. Selain itu, Anda harus memperhatikan ketahanan rak terhadap temperatur dan lingkungan dapur.

Baca juga:  Kuku Bima Operasi Gratis 50 Penderita Sumbing Bibir di Bogor

2. Tidak memperhatikan layout

Rak dapur tentunya memerlukan layout yang efisien agar dapat menyimpan barang-barang dapur dengan rapi. Namun, terkadang orang hanya asal membeli rak tanpa memperhatikan tata letak, seperti tidak memiliki ruang untuk menyimpan panci atau peralatan masak berukuran besar.

Sebaiknya, pilihlah rak dapur dengan sekat untuk merapikan semua keperluan dapur. Anda juga dapat memilih rak dengan laci khusus untuk meletakkan piring bersih dan tempat bumbu.

Dengan demikian, Anda dapat menyimpan perlengkapan masak dengan rapi sehingga aktivitas di dapur menjadi lebih nyaman.

3. Menggunakan warna rak yang tidak senada dengan ruangan

Hal ini juga penting untuk Anda perhatikan. Jika salah memilih warna rak, dapur Anda malah akan terlihat berantakan dan tidak estetik.

Hindari menggunakan warna-warna rak yang terlalu terang dan mencolok agar dapur tidak terlihat ramai. Lebih baik gunakan warna-warna netral, seperti putih, hitam, abu-abu, cream, atau coklat. Warna rak yang netral dapat membuat tampilan dapur Anda lebih nyaman dan rapi.

Baca juga:  "Loan at Risk" Makin Menurun, Kualitas Kredit BRI Terjaga

4. Memilih bahan rak yang tidak awet

Rak dapur harus terbuat dari material yang tahan air dan panas karena aktivitas kita di dapur akan banyak berhubungan dengan kedua hal tersebut, seperti mencuci piring dan memasak.Tentunya, bahan kayu asli kurang cocok, tetapi masih banyak yang menggunakan bahan ini sebagai rak dapur mereka.

Untuk itu, pastikan rak dapur Anda sudah diberikan finishing pelapis sebagai pelindung rak Anda, seperti HPL atau cat duco. Anda juga dapat memiliki bahan kayu plywood untuk rak dapur agar lebih kokoh dan awet, tetapi biasanya harga rak seperti ini lebih mahal.

Baca juga:  Dari Pelaku Perjalanan 6 Negara Ini Diizinkan Datang ke Bali hingga Dewa Puspaka Batal Ditahan

5. Tidak memaksimalkan penggunaan rak

Rak dapur, terutama dengan desain bentuk huruf L, biasanya memiliki sudut-sudut yang sulit dijangkau atau jarang digunakan. Usahakan untuk memaksimalkan sudut rak tersebut dengan menambahkan fitting atau kabinet khusus pada bagian tersebut agar lebih efisien.

Itu dia 5 kesalahan saat memilih rak dapur di rumah. Apakah Anda pernah melakukannya? Bila ya, jangan sampai melakukan kesalahan yang sama tersebut ketika membuat rak dapur baru. Nah, Anda dapat menemukan berbagai rak dapur berkualitas di Ruparupa.com, loh.

Melalui situs e-commerce satu ini, Anda juga dapat menemukan berbagai model perabot dan perlengkapan rumah tangga terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Ace Hardware, Informa, dan Toys Kingdom. Dapatkan juga berbagai penawaran menarik jika berbelanja di sini. Yuk, belanja sekarang! (Adv/balipost)

BAGIKAN