Test drive New Fortuner, Selasa (25/1), di Toyota Driving Experience (TDE) TAM, Agung Toyota. (BP/Ist)

JAKARTA, BALIPOST.com – PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan ever-better cars dengan meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) tangguh yaitu New Fortuner. Melalui Agung Toyota selaku authorized Toyota Dealer di Provinsi Riau, Jambi, Bengkulu, Bali dan Kepri, kehadiran New Fortuner melengkapi line-up segmen SUV setelah sebelumnya diperkenalkan All New Toyota Land Cruiser yang mengisi segmen premium SUV.

Bertempat di Toyota Driving Experience (TDE) TAM, Selasa (25/1), Agung Toyota menggelar media gathering sekaligus melakukan test drive New Fortuner yang keberadaanya semakin diminati masyarakat. New Fortuner kini dibekali dengan mesin diesel baru berkode 1GD-FTV 2.755 cc VNT Intercooler yang menghasilkan tenaga lebih besar hingga 203,9 PS pada 3.000 – 4.000 rpm dan torsi 50,9 Kgm pada 1.600 – 2.800 rpm.

Mesin 2GD-FTV 2.393 cc VNT Intercooler bertenaga 149,6 PS pada 3.400 rpm dan torsi 40,8 Kgm pada 1.600 – 2.000 rpm masih dimanfaatkan oleh Fortuner tipe lainnya, termasuk pasangan transmisi otomatis 6-speed dengan rasio gigi yang sama.

Baca juga:  Cegah Narkoba, Lapas Tabanan Digeledah

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang menginginkan karakter halus khas mesin bensin, Toyota masih mempertahankan mesin berkode 2TR. Mesin bensin 2.694 cc dengan teknologi Dual VVT-i tersebut menghasilkan tenaga 163 PS pada 3.400 rpm dan torsi 24,7 Kgm pada 4.000 rpm. Meskipun beda engine, transmisi mesin 2TR sama dengan milik 1GD dan 2GD yang ditandai dengan rasio transmisi 6-speed Sport Sequential Switchmatic. Bedanya, final gear mesin 2TR paling besar yaitu 4,555:1.

Selain menghadirkan mesin baru yang lebih bertenaga, Toyota juga melengkapi New Fortuner tipe GR Sport dengan sistem penggerak semua roda (4×4). Sebagai flagship, tipe 4×4 GR Sport yang memakai mesin diesel 1GD dilengkapi dengan fitur Easy 4×4 Switch untuk kemudahan pemilihan sistem penggerak 4×4, serta fitur Downhill Assist Control (DAC) yang menjaga laju mobil supaya mudah dikendalikan dan tidak tergelincir ketika melewati turunan terjal, licin, atau berlumpur.

Baca juga:  Banyak Kejanggalan, Keluarga Minta Kasus Penembakan Brigadir J Diungkap Secara Transparan

Mesin diesel ini melengkapi mesin bensin bertenaga 2TR-FE 2.694 cc Dual VVT-i yang sudah ada sebelumnya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang beragam. “Kami bersyukur dan berterima kasih atas kepercayaan pelanggan setia Agung Toyota karena Toyota Fortuner selama tahun 2021 masih menjadi mobil high SUV pilihan pelanggan, hal ini dapat dilihat dari total penjualan Toyota Fortuner di 5 Provinsi sebanyak 1,684 unit dan menjadi market leader di provinsi Riau, Bengkulu, Kepri dan Bali,” pungkas Himawan W. Wardhana selaku Chief Officer Operation Agung Toyota, saat memberikan keterangan pers, Senin (24/1) di Agung Toyota Head Office, Jakarta.

Menurut Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, SUV Toyota menjadi jenis kendaraan yang semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Bahkan dalam 10 tahun terakhir, kontribusi SUV Toyota terhadap total penjualan, meningkat secara signifikan, dimana pada tahun 2011 masih sekitar 12%, namun di tahun 2021 sudah mencapai sekitar 35%. “Kami bersyukur jajaran SUV yang kami hadirkan senantiasa mendapatkan respons yang baik di masyarakat Indonesia,” kata Henry Tanoto.

Baca juga:  Keluarga Literat, Indonesia Hebat

Regional Manager Area Bali dan Kepri Agung Toyota, Yunus A Prabowo, untuk di wilayah Bali dan Kepri, target pasarnya tidak hanya kaum lelaki. Sebab, kaum perempuan juga kini menjadi target pasar untuk New Fortuner.

Untuk di Bali, Senin 24 Januari, produk ini mulai di-display di Agung Toyota Bali, dan dalam waktu dekat sudah mengaspal di Pulau Dewata. Untuk SPK di Bali hingga saat ini sudah mencapai 23 unit. “Dengan jumlah SPK, kami menargetkan, hingga akhir bulan ini, SPK bisa mencapai angka 50 unit. Namun demikian, karena unit sangat terbatas, kemungkinan untuk inden bisa selama satu bulan,” ucapnya.

Untuk harga on the road di Bali, dimulai dari Rp 603.200.000 untuk New Fortuner 4 x 2, Rp 620.300.000 untuk New Fortuner GS Sport 4 x 2 dengan, dan Rp 711.300.000 untuk New Fortuner GR Sport 4 x 4. (Adv/balipost)

BAGIKAN