dr. Nyoman Arsana. (BP/Dokumen)

BANGLI, BALIPOST.com – Ratusan lansia di Kabupaten Bangli ditarget menerima vaksin dosis penguatan (booster), Kamis (13/1). Kegiatan vaksinasi dilaksanakan di Puri Agung Bangli.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangli, dr. I Nyoman Arsana, Rabu (12/1) mengatakan vaksinasi booster di Kabupaten Bangli dimulai Kamis (13/1). Pemberian vaksin diprioritaskan untuk kaum lansia dan kelompok rentan. “Tapi untuk sementara aplikasi yang dibuka baru untuk lansia saja,” ujarnya.

Baca juga:  Hapus Kesan Ewuh Pekewuh! Satgas Desa Diminta Tegas Beri Sanksi Pelanggar Prokes

Untuk pelaksanaan vaksinasi booster di Puri Agung Bangli, pihaknya telah menyiapkan 500 dosis vaksin. Namun demikian hanya sekitar 200 hingga 300 lansia yang ditarget mendapat suntikan vaksin booster hari ini.

Lansia yang bisa mendapat vaksin booster syaratnya harus sudah mendapatkan vaksin dosis kedua dengan jangka waktu lebih dari enam bulan. Pemberian vaksin booster bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat dari ancaman COVID-19, termasuk varian-varian barunya.

Baca juga:  Vaksin COVID-19 Mulai Didistribusikan, Ini 3 Kabupaten yang Pertama Dituju

Pelaksanaan vaksinasi booster ini akan terus berlanjut. Arsana mengatakan pihaknya telah mengintruksikan semua puskesmas untuk mengumpulkan sasaran. Di sisi lain pihaknya juga berkoordinasi dengan Pemprov Bali terkait logistiknya.

Mantan Direktur RSU Bangli itu mengungkapkan bahwa vaksinasi dosis kedua untuk anak usia 6-11 tahun telah dimulai Rabu (12/1). Dosis kedua diberikan setelah 28 hari suntikan dosis pertama. “Sudah dilaksanakan di SD 2 Kawan,” imbuhnya. (Dayu Swasrina/balipost)

Baca juga:  Jembrana Persiapkan PTM, Isoter di Asrama Sekolah Digeser
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *