Seorang pekerja menyelesaikan pembuatan bade tumpang sebelas untuk pelebon Cokorda Pemecutan XI di Setra Badung, Senin (10/1). Bade ini akan dipakai pada 21 Januari 2022. (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Persiapan upacara Pratiwa Nyawa Ngasti Wedana di Puri Agung Pemecutan semakin lengkap. Bahkan, pembuatan bade yang akan digunakan untuk palebon Ida Cokorda Pemecutan XI sudah hampir rampung.

Sedikitnya enam orang undagi bade terlihat sedang mengerjakan penggarapan bade setinggi 18 meter tersebut yang memiliki bobot 2 ton. Para undagi telah bekerja sejak Rabu (5/1).

Salah seorang undagi bade dari Griya Meranggi, Kesiman, Nyoman Widana saat ditemui Senin (10/1) mengatakan, untuk membuat konstruksi bade dilakukan enam orang. Pembuatan hiasan sebanyak dua orang, serta tenaga untuk memasang hiasan tiga orang. “Hiasan saat ini sudah dibuat di Griya dan nanti tinggal nempel saja,” ujarnya.

Baca juga:  Tahanan Titipan Kejaksaan Positif COVID-19, Ini Kondisi di Polsek Dentim

Widana mengatakan, target rampungnya bade ini pada 17 Januari mendatang dan kemudian akan dipindah ke depan puri. Untuk memindahkan ini pun akan menggunakan dua crane serta mobil truk yang panjang.

Dikatakan, dengan tinggi badan bade 9,70 meter dan tumpang 7,5 meter, menghabiskan kayu balok ukuran 4 x 6 cm dan panjang 4 meter yang digunakan dalam pembuatan bade ini sebanyak 1 kubik dan triplek sebanyak 40 lembar. Kayu yang digunakan yakni kayu jenis bali seperti albesia, sukun, dan beberapa kayu lainnya. “Jika sudah jadi dengan hiasannya maka diperkirakan berat bade ini kurang lebih 2 ton,” katanya.

Baca juga:  Peredaran Uang Meningkat, Waspada Potensi Turbulensi Ekonomi

Adapun aksesoris yang digunakan dalam bade ini yakni sayap dengan tinggi 5 meter, karang boma, karang sae, paksi, macan, kekendon yang berbentuk seperti gelungan barong.

Sementara saat pelaksanaan pelebon menggunakan bambu sanan dengan ukuran 8 x 6 meter dan dibantu dengan roda. “Sanan dengan ukuran 8 x 6 meter karena menggunakan roda, kalau tidak pakai roda ukuran sanan 10 x 12 meter,” katanya.

Selain menggarap bade untuk Puri Pemecutan, undagi ini juga telah berpengalaman membuat bade di beberapa puri dan griya seperti bade untuk pelebon di Puri Sayan setinggi 24 meter, Puri Ubud termasuk saat pelebon penemu teknik Sosrobahu Tjokorda Raka Sukawati, Puri Peliatan, Puri Mas Ubud, Puri Gianyar, Puri Satria, hingga pelebon di Griya Menuh Denpasar tahun 2021 lalu.

Baca juga:  Kasus Reklamasi Melasti, Praperadilan Disel Astawa Ditolak

Seperti diketahui, lebarnya pangelingsir Puri Pemecutan, Ida Cokorda Pemecutan XI, Puri Pemecutan akan menggelar palebon Pratiwa Nyawa Ngasti Wedana. Pelaksanaan palebon ini akan digelar pada Jumat 21 Januari 2022 mendatang. Upacara ini akan dipuput oleh 11 sulinggih. (Asmara Putera/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *